Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adidas Adizero SL, Sepatu Latihan dengan Rasa Lomba

Kompas.com - 02/12/2022, 10:18 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sepatu adizero dari adidas telah mengantarkan banyak pelari meraih podium sekaligus memecahkan rekor dalam dua tahun terakhir.

Seri adizero ini memang dirancang agar pelari bisa berlari lebih cepat berkat teknologi bantalannya yang mampu melentingkan kaki saat pelari menyentuh permukaan, sehingga memberi dorongan maju lebih besar.

Adizero adios pro 3 misalnya --disebut sebagai sepatu super adidas yang tercepat-- dilengkapi energy rods dan rangkaian sol yang memberi rasa nyaman sekaligus tolakan saat berlari.

Namun semua teknologi tersebut juga disertai harga yang lebih tinggi dibanding sepatu lari lainnya. Selain itu, tidak semua orang ingin memakai sepatu terbaiknya saat latihan karena tidak ingin sepatu tersebut tidak dalam kondisi prima saat dipakai berlomba.

Masalahnya, berlatih menggunakan sepatu yang sangat berbeda juga akan menghasilkan kecepatan dan irama lari yang berbeda dibanding saat berlomba. Hal ini tentu akan mempengaruhi performa lomba karena kita tidak mendapatkan rasa yang serupa seperti saat berlatih.

Untuk mengatasi perbedaan itu, adidas merilis sepatu training baru bernama adizero SL, guna memberi rasa serupa dengan sepatu lomba.

Baca juga: Sepatu Super Terbaru dari Adidas, Seperti Apa Bentuknya?

Adidas adizero SL Adidas adizero SL
"Adizero SL adalah sepatu cepat yang bisa digunakan lari sehari-hari. Sepatu ini akan melengkapi sepatu lari yang biasa dipakai berlomba," ujar Simon Lockett, Global Category Director Running Footwear Adidas saat berbincang-bincang dengan Kompas.com, Senin (28/11/2022)..

Adizero SL dirancang untuk membantu pelari mendorong latihan mereka ke level yang lebih tinggi, karena memberi rasa sepatu lari tingkat elit, dengan harga lebih rendah.

"Adizero SL adalah sepatu fast trainer atau sepatu untuk latihan yang dilengkapi teknologi terbaru agar pemakainya bisa berlari lebih cepat dan nyaman," lanjut Lockett.

Menurut Lockett, adizero SL dirancang berdasarkan masukan dari para pelari yang membutuhkan sepatu latihan yang serupa dengan sepatu lombanya nanti.

Untuk memberi rasa yang sama itu, adidas pun menyertakan beberapa teknologi khusus untuk membantu pelari, yaitu:

Lightstrike Pro Drop-in di bagian depan sepatu

Busa atau bantalan Lightstrike Pro yang juga digunakan di model pemecah rekor Adios Pro ini disisipkan di area kaki depan, dan dirancang untuk mendorong kaki pelari ke langkah berikutnya.

Lightstrike Eva Midsole Frame

Rangka midsole Lightstrike EVA yang ringan menyediakan bantalan dan perlindungan pada konstruksi midsole, memungkinkan pelari untuk fokus ke langkah mereka selanjutnya.

Engineered Mesh Upper and Paded Tongue

Bagian atas sepatu dibuat dalam konstruksi jaring yang direkayasa agar bisa mencengkeram kaki dengan baik, disertai bagian lidah yang empuk agar kaki pelari merasa terkunci namun tetap nyaman selama lari.

Baca juga: Adidas Perkenalkan Sepatu Baru yang Bisa Mendorong Pemakainya Melangkah ke Depan

Adidas adizero SL versi pria Adidas adizero SL versi pria
Peres Jepchirchir, Juara Olimpiade dan pemegang Rekor Dunia tiga kali, berkomentar, “Selama bulan-bulan musim dingin, menjelang balapan besar di musim semi dan kejuaraan di musim panas, saat itulah kita harus berlatih keras."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com