Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 16:14 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Inc

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19 yang beberapa tahun ini, membuat kita kerap merefleksikan diri tentang arti kebahagiaan.

Sebab, bahagia tidak melulu soal materi, tetapi mungkin dapat ditemukan dalam hal-hal sederhana di dalam hidup kita.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa kebiasaan yang mudah diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup sehingga membuat kita jadi lebih bahagia.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Pria Bertahan Walau Hubungannya Tidak Bahagia

1. Lebih banyak memberi

Filsuf Tiongkok Lao Tzu pernah berkata bahwa orang bijak tidak mengumpulkan hartanya sendiri.

"Semakin banyak ia memberi kepada orang lain, semakin banyak yang ia miliki untuk dirinya sendiri," tuturnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Greater Good Magazine juga menemukan bahwa kebahagiaan diprediksi oleh jumlah uang yang mereka berikan.

Penelitian ini mengungkapkan, semakin banyak orang berinvestasi pada orang lain, semakin bahagia mereka dari waktu ke waktu, terlepas dari pendapatan individu orang tersebut.

Selain itu, sebuah survei yang dilakukan oleh Gallup World Poll antara tahun 2006-2008 menemukan, di 120 dari 136 negara, orang-orang yang menyumbang untuk amal melaporkan kepuasan yang lebih besar terhadap kehidupan.

Dengan mempertimbangkan bahwa tidak semua orang memiliki kemewahan untuk memberi secara finansial, ada cara lain untuk memberi sebagai gaya hidup, seperti membantu orang lain.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Waktu dan Menjadi Lebih Bahagia Menurut Psikolog

"Cara paling bermakna untuk sukses adalah dengan membantu orang lain untuk sukses," kata psikolog organisasi dan profesor di Wharton, Adam Grant.

Berdasarkan studinya terhadap ribuan pemimpin besar, Grant menyebut, mereka yang mengutamakan orang lain akhirnya menginspirasi jenis upaya yang berbeda, tingkat motivasi yang berbeda, dan rasa memiliki yang lebih besar.

2. Berlatih untuk lebih sabar

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang menunjukkan kesabaran membuat lebih banyak kemajuan menuju tujuan mereka.

Hal ini juga membuat mereka lebih puas ketika mencapainya (terutama jika tujuan tersebut sangat sulit) dibandingkan dengan orang yang kurang sabar.

Melatih tingkat kesabaran dan memperlambat segala sesuatunya, serta memproses emosi dan mendapatkan beragam masukan --terutama mereka yang membuat perusahaan berjalan (karyawan), sebenarnya akan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Baca juga: Mendengarkan Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Kenapa?

Halaman:
Sumber Inc


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com