Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan MPC dalam Softlens untuk Mata Sensitif, Bikin Lebih Nyaman

Kompas.com - 06/12/2022, 09:34 WIB
Chelsea Austine,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Contact lense atau lensa kontak, populer dikenal sebagai alternatif pengganti kacamata. Kontak berupa lensa tipis tersebut hanya butuh diaplikasikan pada kornea mata kamu dan penglihatan pun menjadi jernih.

Ada sejumlah keunggulan dalam menggunakan lensa kontak, diantaranya mampu memberikan penglihatan lebih luas, tidak berembun, tidak mengganggu penampilan, dan tidak menghalangi aktivitasmu terutama saat berolahraga.

Berkembangnya minat pengguna contact lense membuat brand-brand pemasok menghadirkan lebih banyak opsi, terutama dari segi warna, model, dan formulanya. Jadi kamu bisa bereksperimen dengan tampilan berbeda, ketika mencoba menggunakan lensa kontak berwarna.

Nah baru-baru ini, Eyelovin, sebagai marketplace contact lense, meluncurkan seri terbarunya dari koleksi Mite Clair Pure Moist bernama Selene, Jumat (25/11/22). Selene series hadir dengan dua varian warna yakni Selene Brown dan Selene Grey.

Perpaduan warna softlensnya menarik karena terlihat natural meskipun terdapat beberapa rona yang tidak seperti biasanya. Contohnya saja di Selene Brown, terdapat perpaduan warna hitam, abu-abu, dan coklat muda dan Selene Grey di coklat, sedikit violet, dan ring hitam.

“Kami memperhatikan kebutuhan konsumen yang ingin menggunakan lensa kontak dengan nyaman. Setiap konsumen memiliki kebutuhan dan tipe mata berbeda. Jadi lensa ini cocok untuk mata sensitif atau kering dan lebih nyaman digunakan sehari-hari.” tutur Wella Christie, Founder dan CMO Eyelovin.

Baca juga: Ubah Penampilan Secara Instan dengan Lensa Kontak Berwarna

Wella Christie selaku Founder dan CMO Eyelovin dalam acara peluncuran Selene Series Chelsea Austine Wella Christie selaku Founder dan CMO Eyelovin dalam acara peluncuran Selene Series
Menariknya, koleksi Mite Clair Pure Moist diformulasikan dengan bahan dan teknologi dari Korea yakni MPC.

Wella menjelaskan, MPC adalah bahan hidrofilik yang meniru bagian dari membran sel manusia, sehingga memungkinkan lensa untuk dapat mempertahankan hidrasinya. Alhasil, pemaparan bakteri pun bisa diminimalisir.

Koleksi tersebut diperuntukkan bagi pemilik mata kering dan sensitif. Cocok juga digunakan untuk para pemula atau yang baru pertama kali mencoba menggunakan softlens.

Pasalnya, keraguan terhadap pemakaian contact lense sering ditemukan akibat terdengarnya kasus kurang mengenakan seperti infeksi dan iritasi, sehingga banyak yang takut mengenakannya.

Padahal, hal tersebut bisa dicegah dengan memahami kandungan dari contact lense terlebih dahulu. Seperti lensa kontak Mite Clair Pure Moist yang memiliki kadar air 48% karena jika terlalu banyak, mata akan jadi lebih cepat kering.

Ditambah juga kandungan MPC yang bisa menjaga keterbasahan lensa dan mempertahankan permeabilitas oksigen supaya nyaman digunakan sepanjang hari.

“Sebenarnya Indonesia itu merupakan drop rate pengguna softlens tertinggi. Namun beberapa di antaranya memakai yang kualitasnya kurang bagus. Jadinya sering berasumsi lensa kontak itu tidak nyaman,” ujar Wella.

Dibandrol di kisaran harga Rp 130.000, kamu sudah bisa membawa pulang contact lense dari koleksi Mite Clair Pure Moist yang memiliki kandungan MPC. Di sisi lain, lensa kontak milik Eyelovin juga bukan berjenis one time use, alias monthly. Bahkan bisa digunakan hingga enam bulan.

Meskipun begitu, Wella tetap merekomendasikan penggunanya untuk memahami karakter matanya. Jika mulai tidak nyaman, jangan dipaksa digunakan terus menerus. Mengingat hal tersebut dapat memicu infeksi dan iritasi yang tidak diinginkan.

“Kalau misalnya softlens daily itu kan sekali pake buang. Nah kalau yang monthly itu, sebelum dipake ke mata, sebaiknya direndam dulu sama cairan Bio True (Pembersih lensa). Jadi air dalam kemasannya itu wajib dibuang," ujarnya.

"Terus juga jangan lupa cuci tangan. Pastikan kuku juga jangan panjang. Kalau misalnya kukunya panjang, kita selalu sarankan untuk pake alat pasang (lensa kontak),” jelas Wella.

Baca juga: Lensa Kontak Berbahan Hidrofilik, Nyaman untuk Pemilik Mata Kering dan Sensitif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com