Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Punya Hobi Nulis? Yuk, Kembangkan Tulisan Kamu

Kompas.com - 07/12/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh : Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Penulis identik dengan seseorang yang sudah berhasil menuliskan sebuah buku atau karya sastra berupa tulisan-tulisan yang sudah dicetak.

Padahal, seseorang yang sering menulis pun bisa dikatakan seorang penulis. Tak harus memiliki karya cetak yang terpajang di toko buku. Karena seseorang bisa menulis melalui media apa pun dan di mana pun.

Bahkan, kita dapat menerbitkan tulisan dan cerita lewat media online. Melalui hobi, kamu bisa menjadi seorang penulis.

Dalam siniar Beginu episode “Nostalgia Bersama Laut Bercerita”, Leila Chudori menceritakan pengalamannya saat menulis, terutama menulis bukunya yang berjudul Laut Bercerita yang dapat diakses melalui dik.si/BeginuLeilaP2.

Leila Chudori bercerita bahwa karyanya tersebut mengambil latar belakang di era orde baru. Namun, justru pembacanya sendiri banyak yang dari kalangan generasi Z.

Hal tersebut menunjukkan keberhasilan seorang penulis dalam menuliskan ceritanya agar bisa diterima bagi semua kalangan.

Menjadi Penulis Konsisten

Seperti Leila Chudori yang fokus terhadap apa yang ia tulis, penulis juga harus memiliki pendirian dan keyakinan terhadap karyanya.

Baca juga: 5 Kasus Pembunuhan Dunia yang Belum Terpecahkan

Kamu bisa menuliskan apa pun yang kamu suka—bukan orang yang lain suka—dan biarkan imajinasimu berkembang. Jika seorang penulis terkekang dengan apa yang pembaca suka, maka penulis tidak bebas dalam mengekspresikan tulisannya.

Menetapkan Tujuan Spesifik

Sebelum mulai menulis, hal paling pertama yang penting untuk dilakukan adalah menetapkan tujuan.

Mungkin kamu ingin menulis karena ingin melatih ejaan dan tata bahasa, prosa, atau keahlian teknis. Namun, ada juga yang ingin menulis untuk berkarya.

Dengan tujuan yang jelas, kamu dapat memiliki sesuatu yang nyata untuk dikerjakan dan mengukur kemajuan, di mana kamu dapat mencapai tonggak tertentu untuk menandai kemajuan itu.

Tetapkan setiap tujuan sesuai dengan tingkat keahlian dan beri diri kamu batas waktu untuk masing-masing tujuan tersebut.

Gunakan Bahasa Sederhana dan Ringkas

Meski menulis bersifat bebas, kamu tetap harus memperhatikan bahasa yang kamu gunakan. Menjadi penulis sering kali berarti belajar membuat pesan yang akan disampaikan lebih ringkas dan lebih mudah dipahami pembaca.

Bahasa yang sederhana dan ringkas dapat menyampaikan pesan yang rumit sekalipun dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh pembaca dari semua tingkatan.

Baca juga: Merekayasa Kenyataan dengan Fotografi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com