Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 13/12/2022, 05:34 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan hubungan seks secara rutin dapat menawarkan sejumlah manfaat, baik itu untuk kesehatan fisik maupun mental.

Tetapi, apakah waktu-waktu tertentu dalam sehari lebih baik untuk menuai efek kesehatan tersebut?

Misalnya, berhubungan seks di pagi hari ternyata memberikan lebih banyak manfaat daripada melakukannya di malam hari, ketika kita mungkin merasa lelah setelah seharian beraktivitas.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn), Amy Roskin, MD, mengungkapkan bahwa berhubungan seks di pagi hari memiliki efek yang menguntungkan terhadap ikatan sosial dengan pasangan.

"Jadi, melakukan seks di pagi hari dapat menyebabkan kita melepaskan hormon oksitosin, sehingga kita merasa lebih terhubung dengan pasangan," terangnya.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa berhubungan seks di pagi hari lebih baik atau lebih bermanfaat daripada seks di waktu lain.

Namun, secara anekdot, beberapa orang mungkin lebih suka seks di pagi hari untuk membuat pengalaman yang lebih baik dan menyenangkan.

"Ini bisa mengarah ke lebih banyak efek positif dari seks seperti menurunkan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi, serta tingkat kecemasan dan depresi," ujar Roskin.

Baca juga: 7 Masalah yang Bikin Perempuan Sulit Orgasme Saat Bercinta

Manfaat seks di pagi hari

Lebih lanjut, para ahli mencoba untuk membagikan sejumlah manfaat yang mungkin saja terjadi ketika kita melakukan hubungan seks di pagi hari.

Untuk mengetahuinya, simak manfaat seks di pagi hari, seperti berikut ini.

1. Gairah seks mungkin datang lebih alami

Menurut ginekolog dan ahli kesehatan seksual, Christie Cobb, MD, hormon bahagia atau dopamin dapat menjadi faktor utama dalam seks di pagi hari.

"Dengan siklus tidur normal, dopamin paling tinggi di pagi hari untuk bisa memfasilitasi gairah seks," ungkapnya.

Sementara itu, seorang seksolog, Rebecca Alvarez Story menambahkan, hormon seks lainnya juga berperan dalam seks di pagi hari.

"Umumnya, pria dan wanita memiliki kadar testosteron atau estrogen yang lebih tinggi di pagi hari karena tubuh bekerja untuk mengisi kembali semua jenis hormon, termasuk hormon seks, dalam semalam," katanya.

"Vulva mengalami peningkatan aliran darah selama siklus REM, lalu penis menghasilkan testosteron, yang dapat menyebabkan gairah dan ereksi," jelas dia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com