Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Positif Harbolnas, Tak Sekadar Pesta Belanja Lho

Kompas.com - 13/12/2022, 10:40 WIB
Chelsea Austine,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas merupakan momen yang dinantikan oleh pengguna e-commerce. Pada periode tersebut, kita akan disapa dengan berbagai macam promo dan diskon.

Namun, sering kali potongan harga ini dilakukan secara ekstrem alias “gila-gilaan”. Bahkan, ada mobil yang dilelang mulai dari Rp 12 perak saja.

Makanya, tidak heran jika banyak yang menunggu hari spesial itu datang. Tidak sedikit juga yang melakukan persiapan sebelum berperang seperti memastikan koneksi internet hingga kondisi perangkat agar bisa melakukan penawaran lebih cepat.

Nah, salah satu platform e-commerce yang turut meramaikan acara Harbolnas adalah Blibli, dari PT Global Digital Niaga TBK, dengan judul “Blibli Histeria”. Periode puncak Blibli Histeria Spektakuler 12.12 sendiri berlangsung hingga 15 Desember 2022.

Menariknya, Blibli kembali menghadirkan kegiatan ikoniknya yakni Mega Lelang, di mana semua produk dijual dimulai dari Rp 12 perak.

Sesuai dengan konsep 12.12, tanggal 12 Desember, bulan ke-12. Program lelang Blibli akan berlangsung di empat waktu berbeda setiap harinya, yakni pada pukul 12.00, 18.00, 20.00, dan 22.00 WIB.

“Mega Lelang menghadirkan berbagai pilihan produk branded yang menjadi hot item in the market, seperti mobil listrik yang sedang diminati saat ini, sekaligus menjadi upaya Blibli dalam mendukung keberlanjutan lingkungan di dalam gaya hidup pelanggan,” tutur Edward Kilian Suwignyo selaku Chief Marketing Officer Blibli, Senin (13/12/2022).

Baca juga: Daftar Diskon 12.12 dari Merek Make-up, Fashion sampai Gadget

Kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan dengan tawaran menguntungkan. Edward juga sempat membagikan kategori barang yang paling diminati sepanjang Blibli Histeria 2022.

Di antaranya ada handphone, tablet, dan aksesori sebagai penyumbang terbesar. Sedangkan untuk layanan yang menjadi jawara adalah fitur 2 Jam Sampai, Click & Collect, dan Tukar Tambah.

Jumlah pengunjung dan peningkatan nilai transaksi pun turut melonjak, hingga lima kali lipat dibandingkan periode normal. Sedikit wawasan, kampanye Histeria 10.10 dan 11.11 berhasil mencetak 55 juta pengunjung serta meningkatkannya transaksi sebesar 3 kali.

Sesi Mega Lelang pukul 18.00, dimana konsumen dapat terus menawar selama 5 menit (Blibli) Sesi Mega Lelang pukul 18.00, dimana konsumen dapat terus menawar selama 5 menit (Blibli)
Tidak banyak yang menyadari, tetapi angka tersebut sebenarnya memiliki makna lebih dalam, apalagi di momen perayaan seperti Harbolnas.

Pasalnya, transaksi yang dilakukan oleh konsumen berkontribusi positif terhadap perputaran roda ekonomi, termasuk juga kepada produsen serta seller yang akan terus berproduksi untuk memenuhi permintaan masyarakat.

“Dalam program semacam ini, ketika ada customer yang berbelanja, ekonomi akan ikut bergerak karena ada seller yang menjual. Ketika ada seller yang menerima uang itu, dia juga menggerakan ekonomi di sekitarnya dia. Terutama di dalam histeria ini kan bukan hanya seller-seller brand (besar) saja ya, tapi juga seller-seller kelas menengah, mikro, UMKM juga mengambil bagian.”

“Nah, ketika mereka membeli produk lokal, rata-rata kalau di Blibli tuh seller lokalnya itu bukan pedagang, tetapi seller-seller lokal yang produsen. Artinya ketika seller ini berhasil, mereka juga akan menggerakan roda ekonomi di sekitaran mereka. Karena terbukti bahwa seller yang produsen itu rata-rata mempekerjakan masyarakat sekitar di mana mereka berada,” jelas Edward.

Pertumbuhan transaksi tersebut berjalan selaras dengan perubahan perilaku masyarakat, di mana belanja online sudah tidak lagi dilihat sebagai opsi, tetapi solusi dan kebutuhan.

Perubahan ini terjadi akibat pandemi selama lebih dari dua tahun yang memaksa masyarakat untuk beraktivitas secara daring. Termasuk untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Sekarang berbelanja sayur, daging, dan kebutuhan rumah lainnya menjadi lebih praktis lewat platform e-commerce.

Nah, kembali soal diskon promo, Blibli mengadakan program mulai dari diskon gercep serba Rp 12.000, cashback hingga jutaan rupiah, ekstra diskon dari payment partner hingga Rp 1,2 juta, Midnight Sale, Brand deals hingga 90 persen, berbagai gamification seru (Questeria), hingga Blibli Lelang.

Kamu bisa ikut keseruan ini lewat aplikasi Blibli dan pantau terus informasinya lewat Instagram @bliblidotcom.

Baca juga: Belanja Online Hasilkan Banyak Sampah, Bagaimana Blibli Mengatasinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com