Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Posisi Cuddle Spooning, Bisa Bikin Hubungan Makin Lengket

Kompas.com - 13/12/2022, 20:11 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya spooning sebelumnya dikenal sebagai posisi bercinta yang cukup populer.

Namun posisi ini juga bisa dilakukan bersama pasangan dengan saling berpelukan alias cuddle meski tidak melibatkan hubungan seks.

Selain posisinya yang bikin nyaman saat dilakukan bersama pasangan, posisi cuddle spooning ini rupanya juga menawarkan berbagai manfaat untuk hubungan.

Baca juga: Cerita Seorang Nenek yang Berprofesi sebagai Cuddle Mum di Rumah Sakit 

Manfaat posisi cuddle spooning

Posisi cuddle spooningSleep Posisi cuddle spooning

Posisi cuddle spooning adalah posisi berpelukan yang biasanya melibatkan dua orang berbaring dalam posisi miring dan menghadap ke arah yang sama.

Sama seperti namanya, dua orang yang tengah berpelukan ini bentuk atau tampilannya menyerupai sendok yang lagi ditumpuk dengan lekukan yang pas.

Variasi dari cuddle ini pun beragam, pasangan wanita bisa berbaring di posisi depan dan pria merangkulnya dari belakang atau dapat juga dilakukan sebaliknya.

Posisi cuddle spooning dikatakan dapat memberikan kehangatan dalam hubungan. Lebih dari itu, berikut sejumlah manfaat yang bisa dirasakan pasangan ketika rutin melakukan gaya cuddle spooning.

1. Bikin hubungan makin lengket dan intim

Menurut De-Andrea Blaylock-Solar, MSW, LCSW-S, CST, mbg, seorang pakar seks bersertifikat di AS mengatakan bahwa gaya cuddle spooning bisa membuat hubungan semakin lengket dan intim.

Keintiman yang dimaksud itu bukan hanya keintiman seksual, tetapi hubungan yang lebih melibatkan keintiman secara emosional.

2. Menumbuhkan rasa aman dan nyaman

Posisi cuddle spooning juga dapat memberikan perasaan nyaman dan aman, terutama bagi pasangan yang dalam posisi dipeluk atau meringkuk di depan.

Seorang seksolog bersertifikat, Gigi Engle mengatakan bahwa perasaan aman dan nyaman itu diciptakan oleh posisi kita saat berbaring dan saling memeluk.

Baca juga: 7 Posisi Cuddle Paling Romantis yang Bisa Dicoba Bareng Pasangan 

3. Melepaskan hormon bahagia

Manfaat cuddle dengan posisi spooning juga bermanfaat bagi masing-masing individu, yaitu bisa membantu pelepasan hormon bahagia.

Hormon yang turut dilepaskan dalam keterlibatan sentuhan fisik saat cuddling itu di antaranya oksitosin, dopamin, dan serotonin.

Selain dapat meningkatkan perasaan bahagia, hormon tersebut juga meningkatkan kedekatan antar pasangan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com