Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Akhir Tahun ke Mana? Ini Destinasi Paling Diminati

Kompas.com - 14/12/2022, 09:47 WIB
Chelsea Austine,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur akhir tahun akan segera tiba. Namun, persiapan masyarakat untuk menyambut momen liburan tersebut sudah terasa sekarang-sekarang ini.

Liburan tentunya menjadi periode yang ditunggu-tunggu, apalagi setelah beberapa tahun kemarin, pandemi mengurung kita semua agar tetap diam di dalam rumah.

Nah, guna mempersiapkan jadwal liburan dari jauh-jauh hari, platform e-commerce menjadi sasaran banyak orang ketika ingin membeli tiket transportasi ataupun akomodasi.

Selain praktis dan menghemat waktu, opsi membeli lewat daring juga dinilai memiliki penawaran yang lebih menggiurkan ketimbang beli langsung di gerai.

Kenaikan transaksi e-commerce di kategori travel, sudah mulai terasa. Begitu juga dengan Tokopedia yang mencatat kenaikan transaksi hingga 3,5 kali lipat menjelang akhir tahun 2022. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Mirna Puspita selaku Travel & Entertainment Business Senior Lead Tokopedia.

Tujuan paling diminati

Kalau berbicara mengenai destinasi liburan, rasanya tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Berlibur pun sekarang ini tidak melulu harus jauh atau ke luar negeri. Popularitas berwisata di dalam negeri juga semakin tinggi.

Lantas dari sekian banyak kota, di mana sih wilayah destinasi yang paling diminati?

Tokopedia mencatat bahwa Jakarta, Medan, Bali, dan Surabaya, telah menjadi destinasi terpopuler untuk pembelian tiket pesawat. Sedangkan destinasi yang banyak dituju lewat pembelian tiket kereta adalah Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, serta Bandung.

Bagaimana dengan hotel? Tren positif dari transaksi penginapan juga turut dirasakan oleh Tokopedia.

“Batam, Medan, Samarinda, Sleman dan Balikpapan menjadi beberapa wilayah dengan pertumbuhan transaksi pemesanan hotel tertinggi. Rata-rata peningkatan transaksi pemesanan hotel di berbagai daerah tersebut mencapai hampir 2 kali lipat,” ungkap Mirna.

Buat yang belum mempersiapkan tiket dan penginapan untuk berlibur, kamu tidak perlu khawatir. Karena Tokopedia akan mengadakan online travel fair bertajuk Tokopedia Fantastrip yang diselenggarakan hingga 31 Desember 2022 mendatang.

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai paket wisata yang lengkap dan lebih hemat, termasuk rangkaian aktivitas nan bisa dilakukan saat berlibur ke destinasi tersebut.

Adapun, diskon yang dipersiapkan oleh Tokopedia Fantastrip mencapai hingga Rp750.000. Berlaku untuk pembelian tiket pesawat, hotel, serta hadiah trip ke Bali, Amerika, atau Eropa.

Sejauh ini, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan Medan masih menjadi destinasi domestik yang paling banyak dicari oleh masyarakat lewat Tokopedia Fantastrip. Nah kalau kamu, ingin berlibur kemana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com