Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Es Kopi Bisa Memperburuk Kulit Berjerawat, Benarkah?

Kompas.com - 15/12/2022, 06:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber She Finds

KOMPAS.com - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang sering kali dapat mengganggu penampilan, dan dalam beberapa kasus menyebabkan iritasi kulit.

Untuk itu, berkonsultasi dengan dokter kulit sangat penting guna menemukan perawatan dan saran pribadi yang sesuai bagi kulit kita yang berjerawat.

Selain itu, banyak ahli kulit juga menyarankan kita mengevaluasi kembali pola makan sehari-hari, karena makanan, minuman, dan zat aditif tertentu dapat memperburuk jerawat.

Meskipun, beberapa yang lain mampu menciptakan asupan yang seimbang dan dapat membantu memperbaikinya.

Es kopi memperburuk jerawat

Jika ada satu makanan atau minuman kekinian yang sebaiknya perlu dihindari oleh kulit berjerawat, seorang ahli dermatologi dan pendiri Oak Dermatology, Jeffrey Hsu, MD, FAAD, pun mengatakan bahwa itu adalah es kopi.

Secara umum, kopi sendiri memang memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari menyediakan antioksidan hingga kafein yang membantu mengurangi kelelahan.

Tetapi, Hsu menjelaskan, apa yang kita tambahkan ke dalam kopi (seperti gula, sirup, krimer, atau susu tinggi lemak) dapat memperburuk kulit yang berjerawat.

"Para ilmuwan percaya bahwa mengikuti diet rendah glikemik dapat mengurangi jerawat karena diet ini menghilangkan lonjakan gula darah," terangnya.

Jadi, ketika gula darah melonjak, itu bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh.

"Lonjakan ini juga menyebabkan tubuh membuat lebih banyak sebum, zat berminyak di kulit," kata Hsu.

"Baik peradangan maupun sebum berlebih dapat menyebabkan jerawat," lanjut dia.

Melalui serangkaian penelitian kecil dalam beberapa tahun terakhir, ditemukan bahwa orang-orang yang paling rentan terhadap jerawat mengalami penurunan masalah ini setelah menjalani diet rendah glikemik.

"Itulah sebabnya mengonsumsi minuman manis setiap hari (atau makanan manis) dapat berkontribusi pada lebih banyak jerawat di kulit," Hsu menambahkan.

Baca juga: Mengapa Minuman Manis Picu Risiko Kematian Dini?

Saran yang lebih sehat

Lalu, apakah orang dengan kulit berjerawat perlu menghindari es kopi sepenuhnya?

Menurut Hsu, hal itu dapat dilakukan jika es kopi yang dikonsumsi mengandung banyak gula, sirup, dan krimer atau susu tinggi lemak yang bisa memperparah kondisi jerawat.

"Kulit adalah organ terbesar dari tubuh kita. Jadi, apa yang kita makan dan minum itu bisa berkontribusi terhadap kesehatan kulit, termasuk jerawat," ungkapnya.

"Selain itu, es kopi yang penuh dengan gula dan tinggi lemak juga dapat berkontribusi pada dehidrasi maupun penuaan dini," sambung dia.

Saran yang mungkin lebih sehat adalah menambahkan es kopi dengan pemanis nol kalori dan krimer rendah lemak.

Dan jika kita merupakan seorang pencinta kopi dengan kulit berjerawat, minum kopi hitam tanpa tambahan gula atau pemanis bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: Waspadai Risiko Penyakit akibat Doyan Minuman Manis dan Rebahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Finds
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com