Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Asupan Bernutrisi yang Bisa Redakan Kram Haid

Kompas.com - 19/12/2022, 08:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Prevention

KOMPAS.com - Kram perut menjadi salah satu gejala paling tidak nyaman dari siklus haid yang dapat membuat nyeri di bagian bawah perut.

Ada pun kram saat haid biasanya terjadi akibat pelepasan bahan kimia inflamasi yang disebut prostaglandin.

Menurut seorang dokter di Savo Health, Dr Erin Hendriks, MD, hal ini memicu serangkaian peristiwa yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah rahim, kontraksi otot, dan rasa sakit.

"Beberapa orang membuat lebih banyak prostaglandin daripada yang lain, sehingga menghasilkan rasa sakit yang lebih hebat," katanya.

"Untuk itu, memilih sejumlah asupan yang mengandung antiinflamasi alami bisa membantu meredakan kontraksi dengan menurunkan kadar prostaglandin, tambah dia.

Baca juga: Soal Stigma Seputar Haid dan Cara Menghadapinya

Asupan untuk meredakan kram perut

Selain menurunkan kadar prostaglandin, beberapa asupan terbukti dapat memerangi rasa sakit saat haid dengan mengatur hormon seperti estradiol, yang merupakan bentuk estrogen yang kuat.

"Estradiol membantu mengontrol pertumbuhan jaringan rahim. Dengan kadar yang tinggi, ini juga dapat memicu peradangan dan membuat siklus haid menyakitkan."

Demikian penuturan ahli gizi klinis dan parktisi kesehatan di Evvy, Dr Lindsay King, MS.

"Contoh ekstremnya adalah endometriosis, suatu kondisi peradangan yang ditandai dengan dominasi estrogen di mana endometrium tumbuh di luar rahim," terangnya.

Secara keseluruhan, makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian lebih mudah diproses oleh tubuh, terutama ketika kita sedang haid.

"Itulah sebabnya, untuk mengurangi nyeri haid (secara medis disebut dismenore), penting untuk memanfaatkan kemampuan alami hati memetabolisme dan menghilangkan estrogen dengan benar," kata King.

Dilansir dari laman Prevention, para ahli pun membagikan 10 asupan bernutrisi yang bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri akibat kram perut sebagai berikut.

1. Ikan salmon

Menurut Hendriks, ikan seperti salmon dan makarel yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengintervensi jalur pensinyalan inflamasi yang menyebabkan berkurangnya peradangan dan rasa sakit.

Faktanya, penelitian telah menemukan suplemen minyak ikan bekerja lebih baik daripada, atau setidaknya mengurangi kebutuhan akan ibuprofen pada orang yang sedang haid.

Baca juga: Remaja Belum Haid di Usia 15 Tahun, Apa yang Harus Dilakukan?

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan arugula mengandung magnesium, yang pada dasarnya adalah pelemas otot alami.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com