Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Agung Setiyo Wibowo
Author

Konsultan, self-discovery coach, & trainer yang telah menulis 28 buku best seller. Cofounder & Chief Editor Kampusgw.com yang kerap kali menjadi pembicara pada beragam topik di kota-kota populer di Asia-Pasifik seperti Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, Dubai, dan New Delhi. Founder & Host The Grandsaint Show yang pernah masuk dalam Top 101 podcast kategori Self-Improvement di Apple Podcasts Indonesia versi Podstatus.com pada tahun 2021.

Akankah Metaverse Mampu Mengubah Hidup Kita?

Kompas.com - 20/12/2022, 11:27 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BANYAK yang telah dikatakan dan ditulis tentang metaverse selama setahun terakhir di berbagai belahan dunia, khususnya sejak mulai "diperkenalkan" oleh Mark Zuckerberg pada Oktober 2021.

Meskipun mungkin gaungnya belum begitu terasa di tanah air. Nyatanya, setiap orang tampaknya memiliki gagasan berbeda tentang apa itu dan apa artinya bagi hidup kita.

Orang-orang memang telah memimpikan dunia virtual sejak awal komputasi, tetapi baru belakangan teknologi ini berhasil menyusul imajinasi kita.

Sekarang, kita dapat menciptakan realitas virtual yang benar-benar nyata dan imersif. Dunia virtual ini—dikenal sebagai metaverse—menawarkan cara baru untuk hidup dan berinteraksi dengan orang lain.

Metaverse adalah salah satu ruang virtual bersama tempat orang dapat bertemu, berinteraksi, dan berbisnis.

Ini agak mirip dengan internet, tetapi alih-alih terdiri dari situs web dan dokumen, metaverse terdiri dari dunia 3D yang dapat kita huni secara "fisik". Anggap saja sebagai game online raksasa yang bisa dimainkan semua orang secara bersamaan.

Pentingnya Metaverse

Metaverse penting karena seakan-akan mencerminkan langkah selanjutnya dalam evolusi internet.

Sama seperti internet yang telah mengubah cara kita hidup dan bekerja, dunia virtual baru ini akan mengubah cara kita berinteraksi satu sama lain dan dunia di sekitar kita, menawarkan cara berpikir baru tentang realitas dan cara kita hidup, bekerja, dan bermain.

Berdasarkan temuan riset yang saya sarikan dari berbagai sumber, berikut urgensi metaverse yang perlu dipahami oleh kita semua.

Pertama, metaverse menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan orang lain. Karena metaverse adalah dunia virtual yang dihuni oleh avatar, kita dapat berinteraksi satu sama lain dengan cara yang tidak mungkin dilakukan di dunia nyata.

Misalnya, dua orang di belahan dunia yang berbeda dapat bertemu di metaverse dan bercakap-cakap seolah-olah mereka berdiri bersebelahan.

Kedua, metaverse dapat mengubah cara kita berbisnis. Metaverse menyediakan ruang virtual yang mana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Pelanggan dapat mengunjungi etalase virtual untuk mempelajari tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Selain itu, bisnis kini dapat mengadakan acara dan konferensi virtual yang dihadiri oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Ketiga, metaverse menawarkan kesempatan pendidikan baru. Melalui metaverse, siswa dapat menghadiri sekolah dan universitas virtual, mengikuti kursus yang diajarkan oleh avatar, dan belajar di lingkungan yang lebih menakjubkan sekaligus interaktif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com