Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Jitu Mencari Kerja Setelah Lama Menganggur

Kompas.com - 20/12/2022, 15:16 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk menganggur alias tidak bekerja (terikat sebagai pekerja dalam suatu perusahaan) dalam waktu lama.

Beragam alasannya entah karena mengurus keluarga, mengurus anak, menjadi korban PHK, membangun bisnis, kesulitan mencari kerja di tengah pandemi hingga soal rejeki, kerap menjadi penghambat.

Terlepas dari alasan apa pun, sebetulnya peluang mencari kerja di masa sekarang adalah sama, selama masih ada ratusan iklan lowongan pekerjaan yang ditampilkan di berbagai platform pencarian kerja.

Baca juga: Waspada Lowongan Bodong, Simak 6 Tips Mencari Kerja agar Tak Tertipu 

Tips jitu mencari kerja setelah lama menganggur

Ilustrasi Melamar PekerjaanDok. Shutterstock Ilustrasi Melamar Pekerjaan

Mencari kerja kembali meski sudah lama menganggur itu tidak dapat dijadikan penghalang untuk kita agar bisa bekerja kembali.

Terlebih bagi yang sudah berpengalaman di dunia kerja, keahlian yang kita miliki bisa menjadi modal kuat untuk bisa bekerja kembali.

Namun saat mencari kerja, ada beberapa strategi yang mungkin dapat dicoba agar proses pencarian kerja terasa lebih mudah.

Melansir laman Fast Company, berikut tips jitu mencari kerja setelah lama menganggur.

1. Manfaatkan jaringan

Salah satu langkah jitu untuk menemukan peluang karier baru adalah melalui pendekatan dari jaringan atau kenalan yang kita miliki.

Jaringan ini sebelumnya harus dibina dengan baik selama kita tidak bekerja, karena nantinya merekalah yang mungkin dapat memberi tahu kita tentang informasi lowongan pekerjaan atau bahkan bisa mempermudah proses rekrutmen karena rekomendasi yang dia berikan.

2. Mencari pekerjaan sesuai minat dan keahlian

Peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru akan menjadi lebih tinggi ketika kita memiliki keahlian dan minat yang sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan.

Maka dari itu, usahakan mencari bidang yang sesuai dengan keahlian kita saat mencari kerja.

Bila perlu di laman pencarian platform pencarian kerja, kita memanfaatkan filter tersebut untuk menyortir berbagai lowongan yang sesuai.

Baca juga: 5 Tips Mencari Kerja di Luar Jurusan Kuliah 

3. Mengikuti virtual job fair

Virtual job fair bisa menjadi agenda yang cukup efektif untuk kita hadiri saat mencari kerja.

Selain efektif, cara ini juga terbilang efisien karena kita tidak memerlukan biaya tambahan untuk mencari kerja, seperti ongkos transportasi ke lokasi, fotocopy berkas dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com