Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bramanta Wijaya Rajut Cerita Lewat Busana Pengantin Simple dan Klasik

Kompas.com - 21/12/2022, 21:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cerita menjadi rangkuman yang melekat erat dari setiap perjalanan hidup seseorang.

Semua kisah yang dilalui dulu, kini, dan nanti, pun bahagia maupun derita, akan menjadi cerita yang menghiasi tiap babak kehidupan.

Cerita-cerita kehidupan inilah yang kemudian dirajut oleh desainer Bramanta Wijaya melalui koleksi terbarunya, yang ditampilkan melalui fashion show bertajuk "Cerita Tentang Kita: Dulu, Kini, & Nanti".

Baca juga: Gaya Klasik Gaun Pengantin Naomi Biden, Terinspirasi Grace Kelly

Koleksi yang dirancang hampir kurang lebih dua tahun itu hadir dalam 33 busana pengantin lewat tiga babak utama.

Di mana setiap babaknya menampilkan 11 karya busana pengantin sebagai simbolisasi perayaan ulang tahun Bramanta Wijaya Sposa yang ke-11 tahun.

Cerita soal ibu dan busana pengantin sebagai warisan

Di balik koleksi terbarunya, Bramanta pun menceritakan adanya sosok sang ibu yang telah berpulang pada awal tahun 2022 ini sebagai inspirasi.

"Saya melihat sosok ibu adalah empunya perempuan, sosok yang bisa berperan menjadi siapa saja dan mampu berdiri sendiri atas setiap keputusannya."

Demikian penuturannya dalam acara konferensi pers yang berlangsung di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Selasa (20/12/2022).

"Oleh karena itu, koleksi ini saya dedikasikan untuk ibu saya dan seluruh perempuan tangguh yang menjadi diri mereka apa adanya."

"Apalagi, jika menyoroti tentang perempuan, mereka selalu punya kisah hidup menarik yang senantiasa bisa diceritakan dari masa ke masa," sambung dia.

Momen berpulangnya sang ibu benar-benar sangat memengaruhi Bramanta.

Baca juga: Bagaimana Jika Anak Tak Mendapat Kasih Sayang Ibu?

Namun dari situ, ia juga melihat bahwa setelah meninggal orang-orang tidak akan mewariskan apa pun yang berharga, kecuali cerita.

"Dan busana pengantin adalah salah satu warisan yang memiliki banyak cerita atau kenangan indah dari setiap perempuan di momen pernikahan mereka," katanya.

"Para perempuan biasanya merasa sangat cantik saat memakai gaun pengantin di acara pernikahannya. Jadi tidak heran jika banyak busana pengantin yang akhirnya diturunkan ke generasi selanjutnya karena memiliki cerita tersendiri.

Cerita kehidupan dirajut oleh desainer Bramanta Wijaya melalui koleksi terbarunya, yang ditampilkan melalui fashion show bertajuk Cerita Tentang Kita: Dulu, Kini, & Nanti.Bramanta Wijaya Sposa Cerita kehidupan dirajut oleh desainer Bramanta Wijaya melalui koleksi terbarunya, yang ditampilkan melalui fashion show bertajuk Cerita Tentang Kita: Dulu, Kini, & Nanti.
Busana pengantin yang simple dan klasik

Bramanta juga senantiasa memaknai arti penting sebuah pernikahan lewat koleksi busana pengantinnya dengan menonjolkan ciri khas desain, seperti potongan kain, pola, dan detail busana yang terasa kekal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com