Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sintya Mauliddina
Mahasiswa

Mahasiswa Magister Psikologi Universitas Surabaya

Buat Kamu yang Ingin Punya Pacar Orang Asing

Kompas.com - 22/12/2022, 10:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ANDA mungkin pernah melihat hastag international couple di media sosial. Biasanya hastag ini digunakan dalam postingan mereka yang memiliki pacar atau menikah dengan orang luar negeri.

Kita mengambil contoh dari medsos Tiktok, banyak video-video yang memperlihatkan dan menggunakan hastag international couple. Bahkan international couple banyak digunakan sebagai nama akun.

Kami menelusuri media sosial lainnya, yaitu instagram, ada sebanyak 3.600.000 postingan dengan hastag international couple.

Hastag ini memudahkan Anda yang ingin melihat serta mencari tahu bagaimana kehidupan pasangan dengan berbeda ras, budaya, dan bahasa.

Video atau postingan yang mereka suguhkan menceritakan awal mereka bertemu, bermain game bersama pasangan, prank, dan sebagainya.

Bagaimana keinginan untuk memiliki hubungan internasional couple itu muncul?

Keseruan-keseruan yang pasangan itu ciptakan membuat sebagian orang merasa iri dan rasa ingin memiliki pasangan dari luar negeri.

Selain dari YouTube, adanya drama, series bahkan anime juga menambah pengaruh besar pada perspektif sebagian orang yang menginginkan pasangan luar negeri.

Sebagai contoh drama Korea True Beauty, yang memperlihatkan dua karakter laki-laki yang terlihat cuek dan dingin, namun memiliki sifat yang romantis dan perhatian.

Alur cerita dan karakter pemain secara tidak langsung terekam dalam ingatan dan memengaruhi perspektif individu (Zein, 2016).

Salah satunya adalah Lala (nama disamarkan), dirinya sangat ingin mendapatkan pasangan dari negara lain. Pasalnya, Lala sering menonton YouTube yang memperlihatkan kehidupan international couple, sehingga terlintas untuk memiliki pasangan luar negeri.

Selain itu, Hime (nama disamarkan) juga mendapatkan pengaruh dari drama Korea dan anime Jepang, yang memperlihatkan bagaimana laki-laki memiliki sisi yang lembut dan romantis.

Teori dari Bandura mengenai social learning theory dapat menjelaskan lebih dalam mengenai pembelajaran sosial, observasi, penguatan dan modeling. Manusia belajar dari lingkungannya.

Dalam pandangannya Bandura menyatakan Individu mempelajari sesuatu berasal dari apa yang Ia lihat terhadap lingkungannya.

Pada tahap observasi ini, Bandura membaginya menjadi tiga pemodelan dasar, yaitu pemodelan langsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com