Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2023, 07:55 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat seseorang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, tentu konsumsi makanan manis seperti cokelat, kue-kue, dan buah dengan kadar gula tinggi perlu dihindari.

Namun rupanya, ada satu buah dengan rasa manis yang diklaim dapat dikonsumsi jika ingin memakan makanan manis saat diet, yaitu kurma.

Apa penyebabnya?

Dikutip dari Lifestyle Asia, kurma yang terkenal karena rasanya yang sangat manis ini memang disebut sebagai makanan sehat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan zat besi, kalium, serta berbagai vitamin seperti B1, B2, A1 dan C.

Baca juga: Konsumsi Kurma Sesuai Kebutuhan Tubuh Bisa Redakan Masalah Pencernaan

Bukan hanya itu, kurma juga benar-benar mampu membantu menurunkan berat badan. Berikut alasannya:

  • Kaya serat

Kurma kaya akan serat. Artinya, buah tropis ini akan membuat kita kenyang lebih lama dan akan mencegah keinginan kita untuk ngemil.

Selain itu, serat juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

  • Tinggi protein

Karena tinggi protein, kurma tentu baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan,

Sebab, protein dapat membantu mempertahankan tubuh agar tetap memiliki massa yang sehat dan membuat otot tetap kuat, sehingga akan menjaga berat badan tetap seimbang.

  • Tinggi asam lemak tak jenuh

Tidak semua asam lemak itu jahat, misalnya saja asam lemak tak jenuh, lemak sehat yang terdapat pada kurma.

Lemak sehat ini dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan obesitas, resistensi insulin, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

Jadi dengan mengonsumsi kurma, kita dapat terhindari dari semua masalah kesehatan itu.

Baca juga: Segudang Manfaat Kurma, untuk Kesehatan Otak hingga Tulang

  • Kaya akan antioksidan

Kurma kaya akan antikoksidan, seperti antosianin, fenolat, dan karotenoid, yang membantu membuang racun dari dalam dan memperbaiki metabolisme serta fungsi pencernaan.

Selain itu, antioksidan dapat melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh serta membantu melawan stres dan peradangan yang akan membuat berat badan turun.

  • Sifat anti-diabetes

Meskipun kadar gula dalam kurma cukup tinggi, gula tersebut adalah gula alami yang menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Selain itu, kurma juga kaya akan flavonoid, saponin, dan fenolat yang merangsang produksi insulin dalam tubuh serta memiliki indeks glikemik rendah, yang artinya dapat mengatur kadar gula darah.

Berapa banyak kurma yang harus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan?

Meski kurma kaya akan berbagai manfaat kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan, perlu diingat bahwa kita tidak boleh memakannya berlebihan.

Jadi idealnya, makanlah sekitar empat hingga enam kurma per harinya guna menjaga perut tetap kenyang dan memuaskan keinginan kita untuk mengemil makanan manis.

Baca juga: Dampak Makan Kurma Berlebihan, Gangguan Pencernaan hingga Diabetes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com