Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tren Tanaman Hias yang Bakal Naik Daun di Tahun 2023, Apa Saja?

Kompas.com - 02/01/2023, 11:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanaman hias tidak hanya merupakan cara yang indah dan abadi untuk mempercantik ruang apa pun, tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Saat kita membuat rencana untuk menambah koleksi atau merawat tanaman hias yang sudah kita punya, beberapa ahli pun membagikan pendapat mereka tentang apa yang harus dicari di tahun baru.

Tren tanaman hias tahun 2023

Menurut seorang ahli hortikultura di Costa Farms, Justin Hancock, untuk tahun 2023 keberlanjutan (sustainability) akan menjadi tren tanaman hias.

Dia mengatakan bahwa perusahaan perkebunan besar, termasuk miliknya, beralih ke sumber daya terbarukan seperti sabut kelapa.

Selain itu masyarakat juga akan menggunakan lebih banyak kontrol biologis untuk mencegah hama seperti serangga yang menguntungkan, alih-alih bahan kimia tradisional.

Prediksi serupa dibuat oleh CEO Tammy Nguyen, COO Cody Warden, dan CCO Thaimae Le dari Ivymay & Co, sebuah perusahaan perawatan tanaman ramah lingkungan.

"Pengemasan produk yang berkelanjutan, campuran pot, dan pot kontainer adalah tujuan utama kami pada tahun 2023," kata mereka.

"Kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat seputar produk tanaman berkelanjutan berkualitas tinggi dan manfaatnya," lanjutnya.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Debu dalam Rumah

Dilansir dari laman Martha Stewart, berikut tren tanaman hias yang akan naik daun di tahun 2023.

1. Variegasi

Ilustrasi tanaman hias Monstera variegataSHUTTERSTOCK/DENISE1203 Ilustrasi tanaman hias Monstera variegata
Salah satu tren yang harus diperhatikan di tahun baru adalah variegasi, yaitu ketika daun tanaman memiliki warna yang berbeda dan beragam.

Hancock mengungkapkan, tanaman hias dengan warna putih, perak, atau merah muda akan muncul di tahun 2023.

"Varietas seperti White Aspen Dracaena, Silver Dragon Alocasia, dan Cool Beauty Dieffenbachia (yang memiliki daun hijau dengan bagian tengah berwarna kuning krem dan tepi putih bersih) terlihat luar biasa dengan sendirinya atau bercampur dengan tanaman lain, membuatnya sangat serbaguna," katanya.

"Dan karena sebagian besar tanaman beraneka ragam tumbuh sedikit lebih lambat karena mereka memiliki lebih sedikit klorofil untuk mendorong pertumbuhan, tanaman ini lebih sulit ditemukan," sambung dia.

2. Warna keemasan

Ilustrasi tanaman hias Philodendron bipennifolium Aurea. SHUTTERSTOCK/SEE D JAN Ilustrasi tanaman hias Philodendron bipennifolium Aurea.
Tanaman dengan daun keemasan juga menjadi tren tanaman hias lainnya di tahun 2023.

"Tanaman ini benar-benar muncul melawan warna hijau gelap yang lebih tradisional dan merupakan cara yang bagus untuk menambahkan kehidupan, serta warna ke dalam ruangan," terang Hancock.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com