Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pangeran William dan Harry Alami Kebotakan dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 07/01/2023, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebotakan dini yang dialami oleh Pangeran William dan Harry tidak terjadi tanpa adanya penyebab.

Dikutip dari Express UK, masalah kerontokan rambut ternyata sudah memengaruhi sejumlah besar pria di Inggris, tak terkecuali anggota keluarga kerajaan.

Umumnya, kebotakan ini bersifat genetik dan bisa disebabkan oleh hormon testosteron.

Baca juga: Perlu Tahu, Perbedaan Tanda Kebotakan pada Pria dan Wanita

Meskipun Pangeran Harry belum sepenuhnya mengalami kebotakan, namun seorang konsultan bedah transplantasi rambut di Crown Clinic, Dr Asim Shahmalak mengatakan bahwa telah terjadi penurunan yang signifikan pada rambut Duke of Sussex itu.

"Dia mengalami titik kebotakan yang cukup besar dan penipisan ke arah depan garis rambutnya semakin cepat. Terdapat celah yang signifikan tepat di bagian atas kulit kepalanya," terangnya kepada outlet berita tersebut tahun 2017.

"Jika Pangeran Harry tidak melakukan apa-apa, mungkin dia akan menjadi botak seperti kakaknya selama beberapa tahun ke depan," ujar Shahmalak.

Penyebab kebotakan

Pangeran William yang kini berusia 40 tahun sudah lebih dulu mengalami kebotakan.

Bahkan, dalam memoar terbarunya berjudul "Spare", Pangeran Harry membahas kebotakan parah sang kakak dan kekhawatirannya hal itu terjadi padanya dalam beberapa tahun lagi.

Pangeran William, Pangeran Wales dari Inggris dan Kate, Putri Wales, bertemu dengan anggota masyarakat di jalan-jalan di Kastil Windsor, setelah kematian Ratu Elizabeth II, di Windsor, Inggris, Sabtu, 10 September 2022.AP/KRISTY O'CONNOR via VOA INDONESIA Pangeran William, Pangeran Wales dari Inggris dan Kate, Putri Wales, bertemu dengan anggota masyarakat di jalan-jalan di Kastil Windsor, setelah kematian Ratu Elizabeth II, di Windsor, Inggris, Sabtu, 10 September 2022.
Seorang konsultan ahli bedah plastik dari klinik kulit dan folikel di Birmingham, Ken Kok, pun menganalisis garis rambut Pangeran Harry.

Dia menyimpulkan bahwa kerontokan rambut Pangeran Harry bersifat genetik, sifat yang dimiliki oleh saudara laki-laki dan ayahnya.

"Melihat foto-foto [lama] Pangeran Harry dan Meghan Markle di Nottingham, ada pola yang berbeda dalam kebotakan berpola pada pria (male pattern baldness)," ungkapnya.

"Kebotakan Pangeran Harry terlihat memengaruhi bagian atas kepalanya, tetapi saya tidak akan terkejut jika pelipisnya juga agak terpengaruh karena ini adalah pola yang biasa," jelas dia.

Baca juga: Seberapa Efektif Terapi Plasma Darah Bisa Atasi Kebotakan?

Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, male pattern baldness adalah jenis kerontokan rambut yang paling umum, yang memengaruhi sekitar setengah dari semua pria pada usia 50 tahun.

"Biasanya dimulai sekitar akhir usia 20-an atau awal 30-an, dan kebanyakan pria memiliki beberapa tingkat kerontokan rambut pada akhir usia 30-an," terangnya.

Sementara rambut Pangeran Harry tampaknya menipis di bagian mahkota terlebih dahulu, male pattern baldness biasanya dimulai pada garis rambut, kemudian mahkota dan pelipis mulai menipis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com