Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan yang Dipatuhi Pangeran William tapi Dilanggar Pangeran Harry

Kompas.com - 16/01/2023, 11:23 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Pangeran William dan Pangeran Harry wajib mematuhi berbagai aturan Kerajaan Inggris karena status yang disandang keduanya.

Peraturan tersebut terkait perilaku mereka, berpakaian hingga penampilan fisiknya.

Seiring perjalanan hidupnya, aturan kerajaan yang berlaku agak berbeda karena status Pangeran William sebagai calon raja Inggris.

Baca juga: Mengulik Perseteruan Pangeran William dan Pangeran Harry dari Kacamata Ahli

Sebagai anak kedua, Pangeran Harry diberikan kebijakan yang lebih longgar sehingga bebas melanggar beberapa aturan tersebut, sebelum dan sesudah menikah dengan Meghan Markle.

Dalam memoarnya yang sensasional, Duke of Sussex merinci beberapa aturan yang berlaku berbeda untuk dua bersaudara itu.

Berikur daftarnya, seperti dikutip dari Insider.

Memanjangkan janggut

Pangeran Harry dan Meghan Markle menaiki kereta kencana Ascot Landau setelah pemberkatan pernikahan di Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018). Sebanyak 600 tamu undangan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam pada acara resepsi, ditambah 2.640 tamu dari warga biasa yang akan menimati teh dan kudapan di Istana Windsor.AFP PHOTO/POOL/AARON CHOWN Pangeran Harry dan Meghan Markle menaiki kereta kencana Ascot Landau setelah pemberkatan pernikahan di Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018). Sebanyak 600 tamu undangan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam pada acara resepsi, ditambah 2.640 tamu dari warga biasa yang akan menimati teh dan kudapan di Istana Windsor.
Sebagai pewaris, Pangeran William diharuskan tampil rapi tanpa janggut sama sekali di hari pernikahannya dengan Kate Middleton.

Sedangkan Pangeran Harry bebas berjanggut panjang saat menikahi Meghan Markle pada 2018 lalu meskipun harus meminta izin pada Ratu Elizabeth.

Baca juga: Alasan Pangeran William dan Harry Alami Kebotakan dan Cara Mencegahnya

Anak bungsu Putri Diana itu mengaku masalah tersebut sempat memicu pertengkaran selama seminggu dengan kakaknya karena perbedaan aturan tersebut.

"Menulis ini, saya ingat bahwa William sendiri memiliki janggut, dan nenek serta orang lain yang menyuruhnya untuk mencukurnya," kata Harry saat wawancara dengan Tom Bradby untuk ITV, pekan lalu.

"Perbedaannya bagi saya, adalah, seperti yang saya jelaskan kepada nenek saya, bahwa janggut ini, yang masih saya pakai, terasa seperti Harry baru, hampir seperti perisai kecemasan saya," katanya.

Tidak boleh satu pesawat dengan Raja Charles

Foto tertanggal 9 Maret 2020 menunjukkan keluarga Kerajaan Inggris yakni Pangeran Charles (depan), diikuti oleh Pangeran William dan Kate Middleton, lalu Pangeran Harry dan Meghan Markle, saat beranjak pulang dari Biara Westminster, London.AP/PHIL HARRIS Foto tertanggal 9 Maret 2020 menunjukkan keluarga Kerajaan Inggris yakni Pangeran Charles (depan), diikuti oleh Pangeran William dan Kate Middleton, lalu Pangeran Harry dan Meghan Markle, saat beranjak pulang dari Biara Westminster, London.
Beranjak dewasa, Pangeran William tidak diizinkan satu pesawat dengan Raja Charles, yang kala itu masih belum naik takhta.

Alasannya, dua ahli waris tidak boleh bepergian bersama, mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Sebaliknya, Pangeran Harry bebas terbang bersama ayahnya karena statusnya bukan pewaris takhta utama.

Baca juga: Ribetnya Pangeran Charles Saat Bepergian, hingga Diparodikan Mr.Bean

Meskipun demikian,  Charles dan Diana pernah melanggar aturan ini ketika membawa anak sulungnya dalam tur kerajaan Australia tahun 1983.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com