Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdansa, Aktivitas Fisik Kaya Manfaat untuk Tumbuh Kembang Remaja

Kompas.com - 17/01/2023, 16:41 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Media sosial diramaikan dengan tudingan generasi rusak yang disematkan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 1 Ciawi, Bogor.

Sebabnya, beredar video kedua remaja tersebut tengah asyik berdansa di halaman sekolah, disaksikan oleh para rekannya.

Mereka disebut telah dirusak budaya asing padahal sebenarnya merupakan peraih medali emas PORPROV Jabar 2022 untuk cabang olahraga Dance Sport.

Baca juga: Dua Siswa Jago Dansa Disebut Generasi Rusak, Agnez Mo: Tolong Pertemukan Saya

Sontak kedua remaja ini mendapat pembelaan dari netizen yang beramai-ramai memuji pretasi keduanya termasuk pujian dari Agnez Mo.

Manfaat dansa untuk remaja

Berdansa mengikuti suara musik dengan nada dan ritme favorit memang menyenangkan.

Tak jarang, sulit menolak keinginan turun ke lantai dansa untuk ikut menggerakkan tubuh dengan asyik.

Dansa bukan hanya aktivitas fisik yang menyenangkan namun juga kaya manfaat untuk kesehatan fisik, mental maupun emosional.

Baca juga: Tak Hanya Bakar 300 Kalori dalam 30 Menit, Dansa Punya Sejuta Manfaat

Gerakan dan kemampuan mengikuti ritme musik bisa muncul secara alami pada anak-anak sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih baik.

Berdansa tidak hanya membuat anak-anak mengeluarkan energinya, tetapi juga merupakan cara yang bagus dan aman untuk mengekspresikan diri.

Penari Broadway, koreografer, dan instruktur kebugaran tari di AS, Joseph Corella mengatakan sisi artistik dansa memberi anak-anak kesempatan untuk belajar berbicara dalam bahasa berbeda yakni lewat gerakan.

Ilustrasi remaja.FREEPIK Ilustrasi remaja.
Latihan berdansa juga mengajarkan anak-anak bahwa kerja keras akan membuahkan hasil.

“Jika mereka terus berusaha di kelas, mereka akan benar-benar melihat hasilnya di cermin. Ini adalah cara yang sangat konkret bagi anak-anak untuk melihat bahwa mengamati tindakan mereka dan mendengarkan bimbingan dari guru, dikombinasikan dengan kerja keras, akan membawa hasil yang positif,” kata Corella.

Baca juga: Video Siswa SMPN 1 Ciawi Berdansa Disebut Merusak Bangsa, Kepala Sekolah: Mereka Ini Dapat Emas Lho, Mewakili Kabupaten Bogor

Penelitian menunjukkan bahwa menari juga membantu anak-anak belajar disiplin, karena harus mengingat dan melakukan langkah-langkah tertentu dan gerakan tubuh yang membutuhkan latihan dan ketekunan.

Selain itu, remaja akan belajar kerja tim dengan harus bekerja dengan penari lain untuk mencapai tujuan bersama, yang diterjemahkan ke berbagai bidang dalam kehidupan.

Baca juga: John Travolta Beberkan Cerita di Balik Foto Dansa Bersama Putri Diana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com