Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bau Wangi Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri? Ini Alasannya

Kompas.com - 26/01/2023, 08:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya dengan menggunakan parfum atau wewangian.

Menurut psikolog keluarga dan pengembangan diri, Dessy Ilsanty, indra penciuman kita tidak hanya berfungsi untuk mendeteksi bau atau aroma, tetapi juga mampu menstimulus bau itu kepada otak.

"Kita dianugerahi dengan panca indera yang dimanfaatkan fisik kita untuk merasakan sesuatu."

"Nah, melalui channel tersebut, itu bisa memunculkan perasaan tertentu," terangnya kepada Kompas.com di kawasan Senayan, Selasa (24/1/2023) lalu.

"Dari rasa-rasa yang dilalui lewat fisik, nantinya akan memunculkan pikiran positif atau negatif."

"Umumnya, yang dirasakan baik oleh fisik, seperti bau wangi, akan memunculkan perasaan atau pikiran yang lebih positif," ungkap dia.

Jadi, secara tidak langsung, ketika kita memiliki bau yang wangi atau enak, itu akan memunculkan pemikiran yang positif sehingga dapat membantu kita mengembangkan penilaian atau pemikiran yang juga positif terhadap lingkungan di luar diri maupun di dalam diri.

"Makanya kalau kita pergi ke suatu acara dan bau tubuh mulai tidak enak, kita pasti akan menyemprotkan parfum atau wewangian agar kita bisa kembali percaya diri dan merasa lebih nyaman," ungkap dia.

"Sebab, semua rangsangan fisik itu membantu kita memunculkan perasaan yang positif terhadap diri kita sendiri," sambung dia.

Kendati demikian, preferensi bau wewangian yang dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang bisa berbeda-beda, tergantung sistem hormon yang memengaruhi.

Dan dampaknya juga biasanya tidak terjadi secara cepat karena itu juga berkaitan dengan asosiasi memori.

"Kalau kita mencium bau yang segar itu kan pemikirannya berenergi."

"Membuat kita ingin melakukan sesuatu karena kita kaitkan dengan pagi hari, di mana orang biasanya berkegiatan terus udaranya sejuk dan enak," kata Dessy.

"Sama halnya dengan beberapa aroma yang mungkin bisa membuat kita lebih percaya diri, itu juga berkaitan dengan memori kita sebelumnya terhadap aroma tersebut."

"Jadi, ketika kita berusaha memunculkan bau tertentu. Biasanya otak kita secara cepat akan mengasosiasikan bau itu dengan hal-hal yang memiliki memori baik," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com