Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hengki Kawilarang Bawa Tema Kerajaan Sriwijaya ke New York

Kompas.com - 03/02/2023, 17:52 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan mode New York Fashion Week (NYFW) 2023 kembali hadir dengan menampilkan beberapa karya desainer, termasuk desainer asal Indonesia Hengki Kawilarang.

Untuk koleksi yang dibawanya di panggung NYFW 2023, Hengki terinspirasi oleh salah satu kerajaan terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, yakni Kerajaan Sriwijaya.

"Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan tidak hanya menjadi kerajaan terbesar, tetapi juga memiliki beberapa peninggalan yang bernilai tinggi."

Baca juga: 7 Jenama Indonesia Gabungkan Gaya Tradisional Modern di NYFW 2023

Hal itu disampaikan Hengki pada acara konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023) lalu.

"Dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya tersebut, saya ingin meng-highlight kain songket dan jumputan ke dalam koleksi untuk NYFW 2023," terang dia.

Menurut Hengki, meskipun dia menggunakan bahan dari kain tradisional, namun karya yang dipresentasikan sebagian besar akan bergaya modern.

Hengki Kawilarang bawa koleksi yang terinspirasi dari Kerajaan Sriwijaya ke panggung New York Fashion Week (NYFW) 2023.Ryan Sara Pratiwi Hengki Kawilarang bawa koleksi yang terinspirasi dari Kerajaan Sriwijaya ke panggung New York Fashion Week (NYFW) 2023.

"Gayanya tentu akan lebih modern tapi bukan ready-to-wear dan tetap mencerminkan DNA koleksi saya," ungkapnya.

"Mudah-mudahan ini bisa terdengar juga ke pemerintah Sumatera Selatan sehingga dapat membantu perajin songket lokal di sana," imbuh dia.

Pada pergelaran NYFW 2023 ini, Hengki berusaha menampilkan koleksi busana dengan detail khas seperti bulu, ronce payet, dan detail payet, bordir, serta permainan material songket dan jumputan.

Dengan garis rancangan glamour khas Hengki, dia memadukan warna-warna langit senja seperti burgundy, maroon, hitam, biru tua, emas, dan perak.

Baca juga: Pakai Telinga Monyet, Peragaan Busana di NYFW Berbau Rasial

Untuk melengkapi koleksi yang akan dipamerkan pada tanggal 12 Februari 2023, Hengki juga berkolaborasi dengan make up artist muda dan pendiri merek kecantikan Fibuladeleon, Farah.

Kemudian koleksi ini juga akan semakin dipercantik dengan sepatu velvet karya Langkah by Lina Lee yang turut mendukung Hengki pada pekan mode bergengsi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com