Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galentine's Day, Momen Perayaan Persahabatan Para Perempuan

Kompas.com - 14/02/2023, 16:39 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Februari identik dengan Valentine's Day yang dijadikan hari kasih sayang sedunia.

Jatuh tiap tanggal 14 Februari, momen ini jadi kesempatan untuk pasangan kekasih menunjukkan perasaannya pada satu sama lain.

Namun di bulan yang sama, sebenarnya ada perayaan lain yang tak kalah penting yakni Galentine's Day yang merupakan selebrasi untuk persahabatan para perempuan.

Baca juga: 50 Ucapan Valentines Day dengan Bahasa Inggris, Pas untuk Suami Istri

Apa itu Galentine's Day?

Galentine's Day adalah perayaan untuk persahabatan perempuan dengan teman dekat maupun rekan kerjanya.

Galentine's Day dirayakan setiap tanggal 13 Februari, satu hari sebelum Hari Valentine yang selebrasinya cenderung berfokus pada lawan jenis.

Galentine's Day sebenarnya adalah momen rekaan, yang muncul pada tahun 2010 lalu di serial televisi Amerika Serikat, Parks and Recreation.

Salah satu karakternya, Leslie dikisahkan tak ingin kehilangan kemeriahan Hari Kasih Sayang meskipun tanpa kekasih sehingga merayakannya dengan caranya sendiri.

"Setiap tanggal 13 Februari, saya dan teman-teman wanita saya meninggalkan suami dan pacar kami di rumah, dan kami datang dan menikmatinya dengan gaya sarapan," ujar Leslie, dalam salah satu dialog.

"Para wanita merayakan para wanita."

Baca juga: Pentingnya Berkumpul dengan Sahabat Perempuan

Kartu Hari Galentine dipajang di toko Target di Falls Church, Virginia, pada 9 Februari 2019. (AFP/SUSAN STUMME) Kartu Hari Galentine dipajang di toko Target di Falls Church, Virginia, pada 9 Februari 2019. (AFP/SUSAN STUMME)
Siapa sangka, perayaan fiksional ini kemudian menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal serupa.

Saat ini ada banyak pernah-pernik Galentine's Day yang tersedia, mulai dari kartu ucapan, hadiah, promo belanja hingga kemeriahan khas lainnya.

Agaknya, Galentine's Day menjadi momen penghiburan terbaik untuk para wanita lajang yang sebelumnya merasa terasing dengan kemeriahan Valentine's Day.

Hari Galentine sekarang dianggap sebagai kesempatan untuk mengenali dampak yang dimiliki teman-teman dalam hidup kita dan berterima kasih atas kesetiaan, cinta, dan tawa mereka, tanpa kaitan apa pun dengan romansa.

Baca juga: Mengapa Ditinggal Sahabat Lebih Menyakitkan Dibanding Putus Cinta?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com