Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Workout untuk Melatih Tubuh agar Bercinta Semakin Nikmat

Kompas.com - 15/02/2023, 17:45 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Berolahraga tidak hanya membuat kita lebih sehat namun juga melatih fisik dan pikiran yang bermanfaat untuk kehidupan seksual.

Beberapa workout seperti core work, yoga, dan kardio membantu meningkatkan kesadaran tubuh, stamina, dan mobilitas sehingga aktivitas bercinta semakin nikmat.

Tubuh yang lebih bugar juga membuat kita semakin percaya diri, merasa intim dan mudah berkomunikasi dengan pasangan.

Baca juga: Seberapa Sering Pasangan Seharusnya Bercinta? Ini Kata Terapis

Seks yang lebih baik dengan latihan yang fokus pada otot inti, kelenturan dan stamina

"Jika Anda ingin memanfaatkan kelebihan di gym menjadi kenikmatan di kamar tidur, okuslah pada area utama seperti pinggul, glutes, dan perut," kata Michael Bultman, pelatih pribadi di New York.

Menumbuhkan kekuatan dan mobilitas pada otot-otot tersebut dapat membantu kita menikmati dan mempertahankan berbagai posisi seks. 

Baca juga: 8 Tips Mendapatkan Orgasme yang Lebih Baik Sesuai Anjuran Pakar Seks

Latihan tersebut juga mencegah ketidaknyamanan atau cedera, yang bisa menjadi merusak sesi bercinta kita.

Beberapa workout yang bagus untuk seks antara lain:

  • Glute bridges: Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki di tanah sekitar enam inci dari pantat. Tekan punggung bagian atas dan tumit ke lantai untuk mengangkat pantat dari lantai, jaga agar pinggul tetap lurus dan garis lurus dari lutut ke bahu. Turunkan dan ulangi.
  • Bird dogs: Lakukan dengan merangkak sembari posisikan tangan tepat di bawah bahu. Perlahan rentangkan satu tangan di depan sambil mengangkat kaki yang berlawanan hingga keduanya sejajar dengan lantai. Pertahankan otot inti tetap aktif dan pinggul tetap lurus, kencangkan otot gluteal di bagian atas. Turunkan perlahan ke posisi awal dan ulangi di sisi yang berlawanan.
  • Fire hydrant: Merangka dengan tangan tepat di bawah bahu. Angkat satu kaki ke samping setinggi yang nyaman, di depan dengan lutut dan jaga agar tetap tertekuk pada sudut 90 derajat. Tekan paha dan glute di bagian atas dan tahan sebentar, jaga agar pinggul tetap lurus dan kencang, sebelum kembali ke posisi awal dan berpindah sisi.

Mengetahui apa itu olahraga kardio dan manfaatnya akan sangat penting untuk Anda yang ingin mulai olahraga.Shutterstock/Sarayut Sridee Mengetahui apa itu olahraga kardio dan manfaatnya akan sangat penting untuk Anda yang ingin mulai olahraga.
Untuk stamina yang lebih baik, jangan abaikan olahraga kardio, seperti berlari, bersepeda, mendayung, atau berenang sebagai bagian dari rutinitas aktivitas fisik kita.

"Tujuan seks bukan hanya untuk melakukanya, tetapi untuk mempertahankannya, jadi Anda membutuhkan daya tahan kardiovaskular," kata Bultman.

Baca juga: Tak Perlu Latihan Kardio, Angkat Beban Efektif Turunkan Berat Badan

Koneksi pikiran dan tubuh membuat seks lebih memuaskan

Bagian dari seks yang menyenangkan adalah keselarasan tubuh antara kita dengan pasangan untuk mengetahui mana yang lebih memuaskan.

Terkadang, pendekatan yang lebih lancar dan ritmis lebih baik daripada gerakan yang cepat dan kuat.

"Itu terkadang bisa rumit jika Anda tidak secara intuitif menyadari tubuh Anda, yang umum terjadi pada pria," kata Bultman.

Baca juga: Ereksi Berkepanjangan, Bagaimana Solusinya?

"Pria suka berpikir menjadi besar, melakukannya dengan keras, adalah hal yang benar untuk dilakukan, tetapi dalam hal ini, ritme adalah hal yang lebih penting," jelasnya.

Ilustrasi berhubungan seks.Shutterstock/AimPix Ilustrasi berhubungan seks.
Untuk mengimbangi naluri itu, akan sangat membantu untuk melakukan latihan yang lebih teratur atau penuh perhatian seperti yoga atau menari.

Olahraga membuat kita nyaman dengan tubuh sendiri

"Olahraga dapat membantu Anda merasa bangga dengan tubuh Anda dan apa yang dapat dilakukannya, yang berarti lebih percaya diri dalam situasi seksual," jelas Dr. Amy Hoover, terapis fisik asal AS.

Hal ini akan membuat kita lebih sadar akan area tertentu di tubuh yang bisa menghasilkan lebih banyak kenikmatan dan bahkan orgasme yang lebih baik, seperti dasar panggul.

Baca juga: 5 Posisi Seks Kama Sutra yang Mudah Dicoba Para Pemula

Ini juga merupakan langkah pertama untuk membantu pasangan memahami apa yang kita sukai juga.

"Ini tentang merayakan tubuh bukan hanya karena penampilannya, tapi bagaimana rasanya. Dan jika Anda mengenali apa yang Anda rasakan, Anda bisa mengungkapkannya secara verbal," kata Hoover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com