Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Faktor yang Jadi Prioritas Gen Z Saat Mencari Pekerjaan

Kompas.com - Diperbarui 20/02/2023, 13:02 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CTV News

KOMPAS.com - Setiap generasi tentu memiliki nilai, karakteristik hingga harapan yang berbeda di dalam lingkungan kerja, tak terkecuali pada Gen Z.

Hal itu pula yang lantas membentuk ekspektasi tertentu saat memilih dan mencari pekerjaan.

Khususnya bagi generasi Z atau biasa disebut Gen Z. Mereka yang masuk dalam kelompok ini cenderung mencari kesuksesan secara finansial saat memilih pekerjaan.

Menurut Indeed, kesuksesan finansial yang dimaksud adalah prioritas utama Gen Z dalam memilih pekerjaan.

Baca juga: Gen Z di Berlin Dapat Subsidi Rp 800.000 untuk Clubbing 

Fakta Gen Z yang mengincar kesuksesan finansial

Ilustrasi kesuksesan.Unsplash/ Benjamin Davies Ilustrasi kesuksesan.

Sebuah lembaga di Amerika Serikat meninjau ketertarikan 2.000 Gen Z saat mencari pekerjaan yang paling sesuai dengan karakteristik mereka.

Para peserta diminta mengurutkan tiga faktor teratas yang mereka pertimbangkan saat mencari tujuan karier melalui metode survei.

Hasil riset itu menyebutkan bahwa kesuksesan finansial menjadi urutan pertama, kemudian disusul oleh lingkungan kerja positif (yang sebelumnya paling diminati oleh Milenial), stabilitas karier hingga visi perusahaan dalam membuat perubahan di dunia.

Berikut beberapa hal yang paling dicari para Gen Z saat berkarier atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan karakteristiknya. 

1. Gen Z mencari gaji besar

Menurut survei, kesuksesan finansial yang menjadi prioritas itu dilandasi oleh faktor stabilitas keuangan yang semakin ke sini menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi mereka.

Sebab seiring tahun biaya kuliah semakin tinggi, bahkan sebagian besar Gen Z di AS terlilit utang untuk dana pendidikan dengan rata-rata utang individu senilai 20.900 dollar AS atau sekitar Rp 317 juta.

Setengah dari responden yang berusia 16-26 tahun juga mengatakan mereka tengah menghadapi hambatan sistemik untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Hal itu mencakup tingkat pendidikan, disabilitas, batasan etnis hingga orientasi seksual, yang seringkali memiliki aturan tersendiri di pihak ketenagakerjaan.

“Gen Z memasuki dunia kerja pada saat dunia mengalami perubahan besar."

“Mereka telah mengamati bagaimana pandemi telah mengubah pandangan semua orang tentang pekerjaan, dan mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang arti pekerjaan,"

Halaman:
Sumber CTV News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com