Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik Bisa Tingkatkan Kepuasan Seksual Pasutri, Apa Hubungannya?

Kompas.com - 19/02/2023, 19:00 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan seksual pada pasangan suami istri, salah satunya adalah musik.

Lantas, apa hubungannya antara musik dan tingkat kepuasan seksual?

Di dalam hubungan pernikahan, kepuasan seksual dapat menjadi faktor sangat penting bagi keharmonisan rumah tangga.

Kepuasan seksual ini dapat digambarkan sebagai kondisi pasangan suami istri yang merasa bahagia dengan hubungan dan kehidupan seksnya.

Studi Durex Pleasure Gap menemukan bahwa masih ada masalah intimasi dan kesenjangan kepuasan seksual yang dialami masyarakat selama beberapa tahun ke belakang.

Hasil studi itu menyebutkan bahwa 502 responden (93,83 persen) percaya bahwa melalui komunikasi yang baik, mereka akan mendapat kepuasan lebih saat melakukan aktivitas seksual.

"Meraih intimasi seksual itu tidak bisa dilakukan sendirian," kata dr. Darrell Fernando, Sp.OG, MRCOG, MM, MARS, FICS di acara launching dan talkshow Durex Come to Closer, di Valhalla Senopati, Jakarta, baru-baru ini.

"Kedua belah pihak harus sinkron dalam mengekspresikan dan menyampaikan keingnan mereka agar mencapai kepuasan yang setara."

Menurut dokter Darrel, ada beberapa hal yang dapat memengaruhi kepuasan seksual bagi pasangan suami istri dan hal itu bisa dibagi menjadi dua, yaitu faktor medis dan faktor psikologis.

Baca juga: Pakar Ungkap 3 Cara Meningkatkan Kepuasan Seksual bersama Pasangan 

Faktor medis yang pengaruhi kepuasan seksual

Kencing setelah berhubungan seks bisa terasa menyakitkan dan disertai sensasi terbakar atau panas. Kencing setelah berhubungan seks bisa terasa menyakitkan dan disertai sensasi terbakar atau panas.

Faktor medis yang memengaruhi kepuasan seksual pada pasangan suami istri adalah sejumlah penyakit atau gangguan kesehatan yang tengah dialami pasangan.

Misalnya istri mengalami vaginismus yang ditandai dengan kekakuan pada otot atau dinding vagina yang sulit dikenalikan.

Masalah ini bisa membuat para istri mengalami sakit hingga nyeri tak tertahankan saat penetrasi.

Sehingga saat berhubungan seks merasa tidak nyaman atau muncul perasaan tidak mampu memuaskan pasangan sehingga terjadilah kesenjangan seksual.

Kemudian ada juga penyakit lain seperti kista, kencing manis pada suami hingga darah tinggi yang berujung pada masalah disfungsi ereksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com