Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 08:19 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Kimchi, makanan khas Korea yang terbuat dari kol atau sawi putih hasil fermentasi dan pasta gochugaru (pasta pedas ala Korea) baru saja dinobatkan sebagai peringkat pertama dari 10 superfood terbaik di 2023.

Studi tersebut merupakan sebuah survei tahunan bertajuk "What's Trending in Nutrition" yang dilakukan oleh Pollock Communications and Today's Dietitian.

Di dalamnya, 757 ahli gizi dan diet bersertifikat memilih mana makanan kaya nutrisi yang akan disukai oleh para konsumen di 2023.

Dikutip dari Yahoo, tahun ini beberapa makanan berbasis tumbuhan berhasil masuk ke dalam daftar 10 superfood terbaik untuk pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Kimchi, Mudah Dibuat

Bahkan, kimchi dan beberapa makanan fermentasi lain seperti yogurt, teh kombucha dan acar sayuran menduduki peringkat pertama.

Biji-bijian, blueberry, alpukat, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, sayuran yang bisa tumbuh di air, dan susu non-dairy pun ada ada dalam daftar.

Lalu Louise Pollock, Presiden Pollock Communications mengatakan, saat ini para konsumen sudah lebih menyadari manfaat makanan yang dapat meningkatkan kesehatan usus besar dan fungsi imun.

"Seiring dengan meningkatnya biaya dan harga, para konsumen akan mencari makanan dan camilan terjangkau yang tetap memiliki manfaat kesehatan."

"Survei kami memperlihatkan bagaimana perilaku konsumen berubah seiring dengan pembatasan Covid-19 yang mulai diperlonggar."

Baca juga: Cara Membuat Kimchi, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

"Memang, masih adanya sistem bekerja jarak jauh, serta meningkatnya inflasi, yang mendorong orang memprioritaskan makanan terjangkau tetapi tetap ada ketertarikan untuk mengemil," ujar Pollock.

Nah, kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang populer di antara konsumen yang sadar akan kesehatan.

Hal tersebut berkat kandungan probiotik, antioksidan, kualitas antimutagenik, antikarsinogenik, serta manfaat kesehatan lain di dalamnya.

Sebuah studi pada tahun 2020 pun mengungkap, rendahnya kematian akibat Covid-19 di Korea Selatan salah satunya diyakini berkat konsumsi kimchi.

Penelitian terdahulu pun menemukan, kimchi dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan menurunkan kadar kecemasan pada mereka yang lebih muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yahoo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com