Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Kecantikan Global dan Lokal Tahun 2023, Lebih Natural dan Mindful

Kompas.com - 20/02/2023, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri kecantikan (beauty) tampaknya semakin berkembang dengan tren dan konsumen yang beragam.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, banyak orang mulai menyadari bahwa mempercantik diri bisa dilakukan oleh siapa pun dan dengan metode apa pun, baik melalui kosmetik (make up) atau perawatan kulit (skincare).

Untuk itu, melalui konferensi kecantikan terbesar Cosmax Innovation Conference 2023 bertajuk "The Trend-Leading Innovation Inspiring Local Beauty", ada beberapa paparan mengenai tren kecantikan global maupun lokal tahun 2023 yang sedang meningkat.

Hal tersebut juga sekaligus memberikan informasi terbaru akan inovasi, teknologi, formulasi, dan tren kecantikan yang dapat diaplikasikan secara keseluruhan, terutama oleh pelaku industri kecantikan di Indonesia pada tahun 2023 dan kedepannya.

"Melihat perkembangan industri kosmetik lokal di Indonesia, menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi Cosmax Indonesia untuk turut berinovasi dan berkontribusi dalam perkembangannya."

Baca juga: Seperti Apa Tren Kecantikan di Indonesia pada Tahun 2023?

Demikian penuturan Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia, Cheong Min-Kyoung, di Aloft Hotel Jakarta, Jumat (17/2/2023) lalu.

"Dengan hadirnya Cosmax Innovation Conference 2023, kami berharap dapat menciptakan dan memperkuat ekosistem kecantikan lokal yang inovatif dan menuju advance," sambung dia.

Tren kecantikan global dan lokal tahun 2023

Lebih lanjut, berikut penjelasan selengkapnya mengenai tren kecantikan global dan lokal tahun 2023.

• Tren kecantikan global

1. Vegan dan ramah lingkungan

Strategic Marketing Team dari PT Cosmax Indonesia, Clara Insaniputri mengungkapkan bahwa secara global tren kecantikan berbasis vegan sudah sangat meningkat tidak hanya pada produk skincare tetapi juga make up.

Oleh sebab itu, kita akan semakin banyak melihat produk yang memiliki sertifikasi vegan ke depannya.

"Evolusi tren kecantikan vegan dan ramah lingkungan ini terbagi ke dalam dua hal, yakni sustainable sourcing dan bio technology beauty," terangnya.

Untuk sustainable sourcing, Clara mengatakan bahwa konsumen tidak hanya memerhatikan bagaimana efikasi dari produk tersebut bekerja pada kulit mereka.

Baca juga: Tren Kecantikan Tahun 2023, Mulai dari Gaya Rambut sampai Skincare

Sebab, konsumen juga memerhatikan bagaimana proses pembuatan produk berasal dari bahan-bahan yang memerhatikan lingkungan.

Beberapa tren kecantikan global maupun lokal tahun 2023 dipaparkan melalui konferensi kecantikan terbesar Cosmax Innovation Conference 2023.PT Cosmax Indonesia Beberapa tren kecantikan global maupun lokal tahun 2023 dipaparkan melalui konferensi kecantikan terbesar Cosmax Innovation Conference 2023.
Sementara, bio technology beauty bicara soal inovasi teknologi kecantikan yang tidak merusak lingkungan dan tetap membudidayakan tanaman-tanaman secara lestari, seperti produk dengan 100 persen vegan kolagen.

2. Mindfulness ritual

Selain bahan-bahan natural dan ramah lingkungan, saat ini tren kecantikan yang berfokus pada self love juga semakin meningkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com