Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Kardus dan Plastik Bekas Bisa Jadi Poin Belanja Blibli

Kompas.com - 23/02/2023, 11:44 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 21 Februari 2023, Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, yang memang diperingati setiap tahunnya di tanggal yang sama.

Sesuai dengan namanya, tujuan diperingatinya hari tersebut adalah membuat masyarakat Indonesia lebih peduli akan kebersihan dan sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Kendati demikian, hingga saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang malas atau kesulitan mengelola sampah.

Untuk itu, dibutuhkan dorongan yang dapat membuat masyarakat Indonesia menumbuhkan keinginan untuk mengolah sampah. Misalnya saja, pemberian hadiah.

Metode pemberian hadiah ini juga dilakukan oleh platform e-commerce, Blibli, yang memberi ekstra reward poin, sebanyak 10 kali lebih banyak untuk tiap kemasan bekas yang dikembalikan pelanggan dalam program Blibli Cinta Bumi miliknya.

“Ini merupakan keuntungan bernilai tambah bagi pelanggan karena poin reward tersebut dapat digunakan untuk berbelanja kembali di ekosistem Blibli Tiket, baik itu belanja aneka kebutuhan di Blibli, pesan berbagai jenis tiket dan kamar hotel di tiket.com, atau belanja groceries di Ranch Market lewat aplikasi Blibli,” ujar Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/2/2023).

Untuk mendapat poin belanja tersebut, pelanggan bisa mengembalikan sampah kemasan belanja online miliknya melalui kurir BES. Berikut tahapannya:

  • Kumpulkan kardus dan plastik bekas, lalu dilipat.
  • Serahkan ke kurir BES yang datang ke rumah untuk mengantar pesanan belanja kita. Jika tidak, masukkan ke dropbox Blibli Cinta Bumi di kantor Blibli, tepatnya di KS Tubun 57, Sarana Jaya, WTC, Cawang, dan BSD.
  • Setelah diproses, poin reward akan masuk ke akun Blibli pelanggan dalam 7 hari kerja

Jika bisa, kumpulkan langsung 10 kemasan plastik agar bisa langsung ditukar dengan satu bibit pohon yang akan ditanam Blibli di area yang membutuhkan penghijauan.

Lebih lanjut, sebelumnya Blibli sempat membuka layanan pengumpulan sampah yang diikuti program untuk mengelola sampah yang terkumpul menjadi filler packaging dan konversi jumlah sampah yang dikumpulkan dari pelanggan untuk program penghijauan di berbagai lokasi di Indonesia.

Program tersebut sudah mengumpulkan 30.000 kemasan kardus bekas pada 2022, yang melonjak tiga kali dibanding pada 2021.

Selain itu, program penukaran 10 kardus bekas untuk satu bibit pohon Blibli juga telah menghasilkan sekitar 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah, pada 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com