Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

6 Cara Menggali Potensi Diri

Kompas.com - 23/02/2023, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda untuk dikembangkan, namun kebanyakan orang tidak menyadari hal tersebut.

Menyadari dan mengembangkan potensi diri sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap masa depan. Namun, menyadari potensi diri juga bukan merupakan hal yang mudah. Tak semua orang bisa menyadari potensi dalam dirinya sendiri.

Bersama finalis The Apprentice: ONE Championship, Paulina Purnomowati, dalam siniar Obsesif bertajuk “Paulina Purnomowati: Berani Eksplorasi Hal Baru di Masa Muda” dengan tautan dik.si/ObsesifPaulina, dijelaskan pentingnya eksplorasi untuk mengenali potensi diri.

Apa itu Potensi Diri?

Dalam buku Manajemen Potensi Diri (2006), Wiyono mengatakan potensi diri adalah kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam di dalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu yang nyata.

Sementara itu, Rachmawati dan Setiaji (2017) menyebutkan potensi diri tidak akan muncul begitu saja tanpa dikenali dan dikembangkan, potensi diri seseorang berkaitan dengan proses dan hasil belajar, baik yang akan berpengaruh dalam pemahaman diri yang berkaitan dengan prestasi yang hendak dicapai dalam hidup.

Baca juga: Kenapa Self Awareness Penting?

Dengan demikian, potensi diri adalah kualitas yang dimiliki seseorang yang dapat menjadi unsur pendukung dalam memenuhi tujuan hidupnya.

Menurut La Rose dalam Sugiharso, dkk. (2009), ciri-ciri orang yang mengenali potensi diri yaitu suka belajar dan mau melihat kekurangan dalam diri, memiliki sikap luwes, berani mengevaluasi diri, memiliki sikap tulus, memiliki rasa tanggung jawab, berani dikritik dan memperbaikinya, serta berjiwa optimis dan tidak mudah putus asa.

Cara Mengenali Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya masing-masing. Namun, kebanyakan masih belum mengenali itu. Padahal, hal ini akan menjadi penentu tercapainya tujuan dan cita-cita. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengenali potensi diri.

Kenali Diri Sendiri

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengenali potensi diri adalah mengenal diri sendiri. Buatlah daftar pertanyaan tentang apa tujuan hidup yang ingin dicapai, apa kelebihan diri yang bisa ditonjolkan, dan apa kekurangan yang dimiliki.

Setelah itu, jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki.

Kenali Minat dan Bakat

Setelah itu, kamu juga perlu mengenali minat dan bakat yang dimiliki. Pikirkan hal apa yang membuat kamu bersemangat dan bahagia setelah selesai melakukannya.

Setelah itu, pelajari minat dan kembangkan bakat itu. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan diri.

Perbanyak Literasi

Masifnya informasi saat ini sangat bermanfaat untuk mengenal diri sendiri. Ini berguna dalam membuka kesempatan untuk terus memperbarui pengetahuan tentang berbagai hal.

Baca juga: 4 Pemicu Feeling Worthless

Jangan pernah berhenti mencari informasi karena itu adalah sumber potensi yang bermanfaat. Jika kamu tertarik pada bidang tertentu, gali informasi sebanyak-banyaknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com