Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Eksplorasi Sulam Karawo Menutup Pekan Mode IFW 2023

Kompas.com - 28/02/2023, 05:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan mode Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 digelar selama lima hari pada 22-26 Februari 2023, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Keindahan wastra Nusantara, sulam Karawo asal Gorontalo menjadi highlight pada penutupan IFW 2023 bertajuk "Enchanting Karawo". 

Setidaknya ada enam penampil termasuk jenama beserta desainer Tanah Air turut memeriahkan penghujung acara IFW 2023.

Mereka adalah Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Ai Syarif 1965, ENIJOE INDONESIA, Wignyo, dan pemenang Indonesia Young Fashion Designers Competition (IYFDC) 2023 Tethuna dari Gorontalo.

Dengan mengusung tema "Sagara dari Timur", di usia satu dekade-nya IFW selalu konsisten mengangkat adibusana dan wastra Nusantara agar tetap aktual, berkelas, dan punya dampak terhadap ekonomi di seluruh ekosistem industri kreatif dan kriya.

"Kami sangat senang melihat antusiasme tinggi tidak hanya dari para pencinta fashion, namun juga dari ekosistem pendukung industri ini."

"Baik dari para desainer, pemilik usaha, perajin, pemerintah daerah, pemerintah pusat, media, dan pengunjung. Hal ini begitu terasa ketika pelaksanaan opening dan closing ceremony sebab begitu banyak pihak hadir dan mendukung pagelaran IFW ke sepuluh ini,"

Demikian kata Presiden IFW sekaligus Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono dalam keteranganya kepada Kompas.com.

Baca juga: Koleksi Fashion Heritage di Panggung Age of Archipelago IFW 2023 

Antusias pegiat dan pecinta fashion

Indonesia Fashion Week 2023KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Indonesia Fashion Week 2023

Antusiasme pada pekan mode Indonesia ini juga terasa di media sosial IFW dengan begitu banyaknya permintaan dari masyarakat untuk dapat melihat produk-produk karya anak bangsa yang ditampilkan di pagelaran busana IFW 2023.

Dari hari pertama hingga terakhir, antrean penonton selalu mengular di depan pintu Plenary Hall lokasi para perancang busana memamerkan koleksinya.

Pemandangan ramainya pengunjung juga tampak pada gerai-gerai brand fashion wastra, muslim, kontemporer, hingga aksesori.

Di gelaran IFW 2023, Poppy Dharsono merasa bangga karena penyelenggaraan tahun ini meski belum sepenuhnya kembali normal namun sudah terlihat peningkatan signifikan.

Hal itu terlihat dari kenaikan jumlah pengunjung sebanyak 25 persen dan berdasarkan data internal, total transaksi selama lima hari hampir menyentuh Rp 60 miliar.

Selain menampilkan koleksi kreasi sulam Karawo dari lima perancang kenamaan dan pemenang juara pertama IYFDC, acara closing ceremony IFW 2023 turut dihadiri tokoh penting seperti Gubernur Provinsi Gorontalo, Hamka Hendra Noer dan Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com