Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Hias yang Bisa Memberikan Energi Positif di Rumah

Kompas.com - 28/02/2023, 15:54 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, banyak dari kita gemar merawat tanaman hias untuk mempercantik rumah.

Di samping itu, ada banyak juga manfaat dari menambahkan tanaman hias ke dalam ruangan di rumah seperti meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mental.

Namun, apakah kita mempertimbangkan bahwa melalui pemilihan dan penempatan tanaman yang cermat untuk ruang-ruang tertentu di dalam rumah, kita dapat meningkatkan aliran energi positif dalam hidup?

Menurut seorang arsitek interior yang berbasis di New York sekaligus penasihat feng shui, Anjie Cho, tanaman hijau yang hidup mewakili elemen kayu dapat menumbuhkan sifat tahan banting, fleksibilitas, penyembuhan, dan pertumbuhan manusia.

"Jadi, kita tidak hanya dapat membawa kualitas-kualitas ini ke dalam hidup dan rumah dengan menambahkan tanaman," katanya.

"Tetapi dengan membawa elemen alam ke dalam ruang interior, maka kita akan memiliki lebih banyak keselarasan antara lingkungan dalam dan lingkungan luar," jelas dia.

Baca juga: 8 Tanaman Feng Shui Terbaik untuk Dirawat dalam Rumah

Tanaman hias yang bisa memberikan energi positif

Beberapa tanaman hias dipercaya memiliki feng shui baik, yang bila ditambahkan ke dalam ruangan di rumah dapat membantu mengalirkan energi-energi yang positif.

Lebih lanjut, para ahli pun merekomendasikan delapan tanaman hias berikut ini, seperti yang dilansir dari laman Homes & Gardens.

1. Money tree

Pohon uang (money tree) atau kacang saba Pohon uang (money tree) atau kacang saba
Pakar berkebun dari Bloomscape, Lindsay Pangborn, mengungkapkan bahwa money tree biasanya digunakan sebagai tanaman feng shui dan dipercaya membawa kekayaan maupun keberuntungan.

"Namun, bukan hanya kelimpahan finansial yang diwakilinya, melainkan juga berkelimpahan di dalam dirinya," tambah Cho.

"Tanaman ini membutuhkan waktu untuk berkembang dan itu mengajarkan kita kesabaran. Ini bukan tentang menjadi kaya dengan cepat, tapi bagaimana menciptakan aliran kekayaan yang stabil dan sehat ke dalam hidup kita," ujar dia.

Dengan ciri khasnya, termasuk daunnya yang berbentuk telapak tangan dan batangnya yang dikepang dengan anggun, money tree juga berfungsi menyerap racun dari udara, serta dapat dijadikan sebagai dekorasi yang indah di rumah.

Namun, pastikan kita mempelajari tentang perawatan money tree untuk menjaga tanaman ini tetap sehat dan meningkatkan manfaat feng shui-nya.

"Money tree lebih menyukai penyiraman yang jarang dan hanya dilakukan ketika volume tanahnya 75 persen kering," kata Lindsay.

"Tanaman ini tumbuh subur di bawah cahaya yang terang dan tidak langsung, tumbuh paling merata jika diputar secara teratur sehingga setiap sisi menerima jumlah cahaya yang sama," jelas dia.

2. Bird of paradise

Ilustrasi tanaman hias bunga Bird of Paradise.PIXABAY/MICHAELGAIDA Ilustrasi tanaman hias bunga Bird of Paradise.
Setiap tanaman hias yang sehat dan tumbuh dengan sangat baik untuk feng shui juga biasanya mendorong energi positif yang menyehatkan.

"Tanaman dengan daun yang rimbun secara tradisional merupakan tanaman feng shui terbaik, karena mampu meningkatkan udara bersih dan energi positif di ruang keluarga," kata Mark dari Happy Houseplants.

Bird of paradise, misalnya, adalah tanaman hias dari Afrika Selatan yang tinggi, berani, dan elegan.

"Meskipun merupakan tanaman hias yang tinggi, namun bird of paradise tidak memakan banyak tempat dengan bentuknya yang ramping," ujar Mark.

"Tanaman ini menyukai sinar matahari pagi atau sore hari dan ingin tetap kering, jadi jangan terlalu sering menyiramnya. Ini adalah tanaman yang bagus untuk pemula karena mudah dirawat," sambung dia.

Baca juga: Trik Manfaatkan Tanaman Hias untuk Meningkatkan Feng Shui Rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com