Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2023, 12:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalani hidup yang sehat dan bugar hingga masa tua adalah impian banyak orang.

Tidak heran jika kita akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya, termasuk memilih makanan maupun minuman yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti minum secangkir teh beberapa kali dalam seminggu berpotensi meningkatkan umur yang panjang.

"Orang-orang yang memiliki kebiasaan minum teh 1,41 tahun lebih lama untuk terkena penyakit kardiovaskular aterosklerosis dan 1,26 tahun lebih lama untuk usia harapan hidup pada usia 50 tahun."

Demikian penuturan para peneliti melalui sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology.

"Konsumsi teh dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik dan semua penyebab kematian, terutama di antara para peminum teh yang konsisten," sambungnya.

Baca juga: 8 Gaya Diet Sehat untuk Umur Panjang

Resep teh yang bikin umur panjang

Menurut ahli diet dan seorang penulis, Lauren Manaker, MS, RDN, LD, CLEC, ada beberapa resep teh terbaik yang dapat kita minum untuk hidup lebih lama.

"Teh tersebut mengandung ratusan bahkan ribuan senyawa bioaktif, termasuk asam amino, kafein, lignin, protein, xantin, dan flavonoid, semua komponen yang mungkin terkait dengan efek kesehatan yang positif," terang Manaker.

Belum lama, Academy of Nutrition and Dietetics (AND) juga merilis pedoman klinis baru tentang jumlah flavan-3-ols yang direkomendasikan, senyawa tanaman yang ditemukan dalam jumlah besar dalam teh.

"Konsumsi flavan-3-ols dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah," kata Manaker.

"Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa flavan-3-ols membantu mencegah diabetes dan penyakit jantung jika asupannya antara 400-600 mg per hari, yang dapat dicapai dengan meminum dua cangkir teh hijau atau teh hitam setiap hari," jelas dia.

Di samping itu, beberapa jenis teh herbal juga diketahui memiliki efek obat yang dapat meningkatkan kesehatan sehingga mampu meningkatkan potensi umur yang lebih panjang.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa polifenol, salah satu jenis senyawa tanaman yang dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya, yang terkandung di dalam banyak teh herbal dilaporkan memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan anti virus.

Baca juga: 5 Teh Herbal untuk Membantu Mengatasi Depresi

Lebih lanjut, Manaker memaparkan sejumlah resep teh terbaik yang dapat membantu kita hidup lebih lama, sebagai berikut ini.

1. Teh oolong

Manaker mengatakan bahwa teh oolong adalah teh yang populer dinikmati di China, yang dibuat dari daun teh yang sama dengan teh hitam dan teh hijau.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com