Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Efektif Bantu Bangun Massa Otot, Apa Saja?

Kompas.com - 08/03/2023, 09:49 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam hal membangun massa otot, kita tidak hanya membutuhkan latihan secara rutin saja, tetapi juga nutrisi yang cukup dari makanan.

Melakukan latihan kekuatan dan mengonsumsi protein yang cukup (bersama dengan karbohidrat untuk mengisi ulang glikogen) akan membantu kita membentuk otot tanpa lemak.

Baca juga: Makan Lebih Banyak Protein Saat Diet, Bantu Jaga Massa Otot

Terlebih, seperti dilansir Harvard Health Publishing, setelah berusia 30 tahun, manusia mulai kehilangan 3-5 persen massa otot setiap 10 tahun.

Itulah mengapa mengubah pola makan dan rutinitas kebugaran bisa membantu untuk membangun kembali massa otot seiringbertambahnya usia.

Secara khusus, makanan kaya akan protein juga penting untuk membangun otot karena mengandung asam amino — alias blok pembangun protein — yang mampu membantu memperbaiki dan menjaga jaringan otot.

Setelah selesai sesi latihan kekuatan, atau kelas olahraga lain, protein juga dapat membantu memulai proses pemulihan, karena otot agak koyak saat berolahraga.

Baca juga: Yuk, Kenali Kandungan Nutrisi dalam Ikan Salmon

Makanan yang efektif membangun massa otot

Untuk membantu membangun massa otot, ahli diet dan manajer senior nutrisi untuk Territory Foods, Danielle McAvoy, MSPH, RD, pun berbagi lima makanan sehat berikut ini.

1. Ikan salmon

Ilustrasi ikan salmonFreepik Ilustrasi ikan salmon
McAvoy mengatakan, salmon adalah sumber protein yang sangat baik dan (mengandung) lemak omega-3 yang tinggi.

"Hal ini membuatnya baik tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan otot, tetapi juga meredakan peradangan pasca-latihan," kata dia.

All American Healthcare menyebut, asam lemak dalam salmon juga diketahui dapat mendukung kesehatan jantung dan membantu mempercepat pembentukan otot.

Tidak heran jika ikan yang lezat ini dikenal sebagai raja protein yang sarat akan nutrisi.

Baca juga: Benarkah Kopi Telur Dengan Madu Ampuh Meningkatkan Gairah Pria?

2. Telur

Dengan cara apa pun kita menikmatinya, telur adalah makanan yang sederhana dan padat nutrisi untuk membantu kita membentuk otot.

"Telur mengandung vitamin D yang tinggi, yang membantu mengatur hormon untuk bisa memengaruhi pertumbuhan otot, serta leusin, asam amino yang sangat membantu pertumbuhan otot," kata McAvoy.

3. Kacang almond

Kacang almond mungkin memiliki bentuk yang kecil, tetapi makanan ini sangat kuat dalam hal mengemas protein yang tinggi.

"Kacang almond adalah kacang berprotein tinggi, dengan enam gram protein dalam satu porsinya," ujar McAvoy.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com