Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun ke-57 Vans Indonesia Gandeng Tahilalats, Bikin Apa?

Kompas.com - 18/03/2023, 19:39 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu merek sepatu Vans? Sejak kemunculannya, sepatu ini selalu menjadi andalan anak muda, terutama penggiat skateboarding dan olahraga freestyle.

Bukan cuma dikhususkan sebagai alas kaki skateboard, orang-orang kini juga memakai sepatu Vans untuk aktivitas sehari-hari, tak terkecuali para pesohor kelas dunia semacam Travis Scott atau Kanye West.

Bagaimana sebenarnya kisah sepatu Vans hingga akhirnya menjadi simbol "kaum" skateboarder?

Lahir di tahun 1966

Van Doren Rubber Company --atau sekarang dikenal sebagai Vans, didirikan di Anaheim, California, AS pada 1966.

Pendirinya, dua orang bersaudara Paul dan James Van Doren berniat memberikan sepatu langsung kepada pelanggan di California tanpa harus melalui pengecer.

Bisnis mereka di East Broadway sukses menarik perhatian konsumen dengan cara memproduksi sepatu langsung untuk pelanggan yang membutuhkan.

Bahkan. di hari pertama, Van Doren bersaudara berhasil menjual 12 pasang sepatu baru yang langsung diambil oleh pelanggan pada sore harinya.

Vans #44

Vans Anaheim Authentic 44 Deck DX Vans Anaheim Authentic 44 Deck DX

Bermodalkan konstruksi sederhana seperti bagian atas dari kanvas dan sol bertekstur wafel, Vans mengenalkan nomor seri #44 Deck Shoe, siluet berpotongan rendah yang segera menarik para pemain skateboard lokal.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Vans menambah katalog perusahaan dengan merancang model-model keren dalam berbagai potongan dan bentuk.

Pada saat itu, setiap sepatu buatan Vans tidak diberi nama, melainkan nomor seri seperti #44 yang sudah disebutkan di awal.

Kemudian pada 1976, dua skateboarder Tony Alva dan Stacy Peralta menciptakan versi terbaru dari #44, yang sekarang dikenal sebagai Vans Era.

Vans Era Vans Era

Tidak lama berselang, Vans menciptakan merek dagang yang di kemudian hari menjadi ciri khas brand tersebut: logo Off the Wall.

Waktu terus berjalan, berbagai desain kreatif terus dimunculkan oleh Vans.

Beberapa sepatu skate yang dirancang bisa dikatakan sebagai sepatu paling memorable sepanjang masa. Sebut saja siluet Old Skool, Sk8-Hi, dan Slip-On.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com