Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan hingga Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 04/04/2023, 19:59 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk mendisiplinkan diri, salah satunya dengan berpuasa menahan lapar dan haus.

Tapi selain untuk menjalankan kewajiban sebagai umat Muslim, berpuasa ternyata juga memiliki banyak manfaat, baik untuk menjaga kesehatan hingga membantu proses penurunan berat badan.

Dan dengan bimbingan dari spesialis gizi klinik, kita dapat memanfaatkan kekuatan berpuasa untuk mengelola kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan, serta kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca juga: Pahami, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/4/2023), dokter spesialis gizi klinik dari D8 by Skyn Clinic, Dr Cut Hafiah pun membagikan sejumlah manfaat dari berpuasa sebagai berikut.

• Membantu fungsi metabolisme agar lebih baik

Menurut Cut, berpuasa dapat meningkatkan proses detoksifikasi alami tubuh yang memungkinkan sistem pencernaan untuk beristirahat dan memperbaiki diri.

Hal ini bisa menyebabkan efisiensi metabolisme yang lebih baik dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

• Pengelolaan berat badan

Dengan membatasi jendela konsumsi makanan, berpuasa dapat membantu mengontrol asupan kalori dan mendukung upaya penurunan berat badan.

Selain itu, berpuasa juga mendorong tubuh untuk beralih dari glukosa ke lemak yang disimpan untuk energi, mendukung lebih lanjut tujuan pengelolaan berat badan.

Baca juga: Tingkatkan Fungsi Otak hingga Kesehatan Jantung, Ini 8 Manfaat Puasa

• Peningkatan fungsi otak

Cut mengungkapkan bahwa berpuasa telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja kognitif.

Ini kemudian dapat meningkatkan produksi faktor neurotrofik turunan otak (BDNF), protein yang mendukung kesehatan otak, pembelajaran, dan ingatan.

• Peningkatan kekebalan tubuh

Berpuasa diketahui mampu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Dengan menurunkan tingkat peradangan, berpuasa juga sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan.

Nah, karena berpuasa bisa menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, maka kita juga bisa memanfaatkannya untuk melawan infeksi yang berasal dari virus maupun bakteri.

Selain itu, kontribusi berpuasa terhadap sensitivitas insulin yang lebih baik dan pengelolaan berat badan dapat membantu mengurangi risiko penyakit akibat obesitas dan faktor lainnya.

Baca juga: Manfaat Puasa untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com