Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Alpukat Setiap Hari Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Benarkah?

Kompas.com - 05/04/2023, 18:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alpukat kini lebih sering dikonsumsi daripada sebelumnya karena buah ini terbilang cukup serbaguna.

Kita bisa menumpuknya di atas roti panggang, mencampurkannya ke dalam salad, atau juga membuatnya menjadi smoothie yang menyehatkan.

Jika kita termasuk salah satu penggemar berat buah alpukat, kemungkinan besar kita menikmati buah gurih ini bukan hanya karena rasanya, tetapi juga karena manfaat positifnya bagi kesehatan.

Selain kaya akan antioksidan, sebuah penelitian dari American Heart Association menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi alpukat juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Di mana kita berisiko rendah terhadap penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang tidak makan alpukat dalam jumlah banyak.

Baca juga: Cara Jaga Alpukat agar Tidak Cepat Busuk

Dan jika manfaat kesehatan tersebut tidak cukup untuk membuat kita secara rutin makan buah yang lembut ini, penelitian baru menunjukkan, mengonsumsinya juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Apa itu kolesterol jahat

Berdasarkan kadar kandungannya, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) dan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein).

Menurut Keck Medicine, kolesterol HDL adalah kolesterol "baik", karena HDL mengangkut kolesterol ke hati, di mana kolesterol tersebut dapat dikeluarkan dari aliran darah sebelum menumpuk di arteri dan berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Sebaliknya, kolesterol (LDL) dianggap sebagai kolesterol "jahat", karena membawa kolesterol ke arteri dan menumpuk di sana.

Jika menjaga arteri dan sirkulasi darah tetap lancar dan bersih adalah sesuatu yang terdengar seperti ide yang bagus, maka kita perlu mengonsumsi makanan yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol jahat.

Makanan itu termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan tentu saja buah alpukat.

Makan alpukat setiap hari bisa menurunkan kolesterol jahat

Melalui sebuah penelitian baru yang diterbitkan oleh Journal of the American Heart Association, para peneliti dari Pennsylvania State University meminta separuh dari kelompok peserta yang berjumlah lebih dari 1.000 orang untuk makan satu buah alpukat setiap hari.

Sementara separuh lainnya diminta untuk menjaga pola makan mereka tetap sama.

Setelah enam bulan, mereka yang berada dalam kelompok alpukat menunjukkan penurunan rata-rata 2,5 miligram/desiliter kolesterol jahat dalam darah mereka.

"Alpukat dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet yang seimbang," kata salah satu penulis penelitian, Penny Kris-Etherton, dalam sebuah pernyataan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com