Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Le Minerale x Cosmonauts Luncurkan T-shirt Ramah Lingkungan

Kompas.com - 06/04/2023, 19:37 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya hidup yang berfokus pada sustainability atau lestari masih terus diminati oleh generasi muda untuk membangun lingkungan bumi yang lebih baik.

Untuk mendukung hal tersebut, Le Minerale secara perdana menggandeng sebuah brand clothing lokal, Cosmonauts Spacewear, dalam meluncurkan koleksi t-shirt yang ramah lingkungan.

Menariknya, salah satu bahan ramah lingkungan yang digunakan adalah hasil daur ulang dari botol PET.

Menurut pendiri Cosmonauts Spacewear, Andre Otto Widjaja, koleksi t-shirt ini terbuat dari bahan 75 persen katun dan 25 persen recycled polyester.

"Meskipun kami menggunakan botol PET daur ulang, namun t-shirt ini tak kalah lembut dari koleksi kami lainnya," kata Andre saat acara konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

"Katun adalah bahan alami yang dikenal dingin dan cocok untuk dijadikan t-shirt. Sedangkan polyester merupakan bahan kain yang dikenal kuat, tidak mudah kusut, cepat kering, dan menjaga bentuk baju dari penyusutan."

"Hasilnya, koleksi ini menghasilkan t-shirt yang tepat untuk iklim tropis seperti Indonesia dan memiliki durability (daya tahan), serta mendukung pengurangan sampah plastik," jelas dia.

Tidak hanya dari segi bahannya, Andre juga menambahkan bahwa pesan sustainability dan ramah lingkungan juga dibawa melalui berbagai desain dari koleksi dengan total enam piece t-shirt.

"Cosmonauts senantiasa membawa nilai limitless imagination dalam setiap produk dan desain kami," ungkap Andre.

"Artwork yang ditampilkan pada koleksi ini terinspirasi dari pilah sampah dan daur ulang dan digambarkan dengan ciri khas ilustrasi Cosmonauts yang bertema outer space dan limitless imagination."

"Kolaborasi ini menjadi salah satu wujud nyata dari implementasi nilai tersebut dalam memproduksi pakaian dengan kandungan bahan daur ulang dari plastik PET," ujar dia.

Komitmen pengelolaan sampah plastik

Dengan adanya kolaborasi ini, Le Minerale sekaligus melanjutkan komitmen dalam pengelolaan sampah plastik sebagai tujuan utama dalam menjaga lingkungan.

Le Minerale secara perdana menggandeng sebuah brand clothing lokal, Cosmonauts Spacewear, dalam meluncurkan koleksi t-shirt yang ramah lingkungan.Le Minerale x Cosmonauts Spacewear Le Minerale secara perdana menggandeng sebuah brand clothing lokal, Cosmonauts Spacewear, dalam meluncurkan koleksi t-shirt yang ramah lingkungan.
"Kolaborasi bersama Cosmonauts merupakan salah satu wujud nyata implementasi dari program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) Le Minerale yang bersifat hulu ke hilir selama kurang lebih setahun."

Demikian penuturan Head of Public Relations and Digital Le Minerale, Yuna Eka Kristina.

"GESN sendiri menjadi tujuan besar kami dalam misi dan komitmen pelestarian lingkungan," terangnya.

Lebih lanjut, Yuna menjelaskan bahwa Le Minerale percaya peranan mitra strategis dan juga konsumen langsung akan mempercepat peningkatan pencapaian GESN, yaitu collection rate yang diharapkan dapat mengurangi timbulan sampah.

"Oleh karena itu, mitra kolaborasi yang tepat akan memudahkan kami untuk terhubung dengan target audiens, yakni generasi muda," kata Yuna.

Melalui desain menarik dari Cosmonauts dan kekuatan story telling yang relevan dengan anak muda, koleksi t-shirt ini diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi para penggunanya untuk menerapkan sustainable lifestyle lewat cara yang mudah.

"Sebagai contoh, pemilahan sampah dari rumah dapat mengantarkan sampah-sampah yang mudah didaur ulang menjadi barang baru yang lebih fungsional seperti pakaian, yang mana adalah hasil kolaborasi pada kegiatan kali ini," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com