Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Duduk Ideal Saat Bermain Games, Efektif Cegah Cedera

Kompas.com - 07/04/2023, 10:00 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Duduk terlalu lama hingga berjam-jam di depan PC, konsol atau ponsel saat bermain games bisa mengakibatkan risiko cedera fisik.

Misalnya ketegangan otot, kekakuan sendi, saraf terjepit hingga nyeri di beberapa bagian tubuh yang bisa mengganggu rutinitas hingga kualitas hidup seseorang.

Supaya risiko cedera itu tidak kita alami saat bermain games, ada baiknya memerhatikan posisi duduk yang ideal untuk menjaga agar kondisi tulang dan sendi berada dalam posisi yang tepat. 

Lantas, seperti apa postur tubuh yang disarankan? Berikut pemaparan selengkapnya.

Posisi duduk yang ideal saat bermain games

Saat bermain games, ada sejumlah posisi duduk yang perlu diperhatikan agar tidak memicu cedera.

Dokter spesialis orthopedi dan traumatologi, dr. Erica Kholinne, SpOT (K), Ph.D, mengatakan setidaknya kita perlu memerhatikan sejumlah anggota tubuh yang rentan cedera, seperti leher, pergelangan tangan dan posisi punggung.

"Sejumlah keluhan yang dialami para gamers itu cedera di leher sekitar 30 persen. 10 persennya anggota tubuh yang lain. Kebanyakan memang karena postur yang salah," kata dokter Erica kepada Kompas.com, di acara #MainSehatBarengCoda, di Jakarta, baru-baru ini.

Berikut beberapa postur tubuh ideal yang direkomendasikan saat bermain games agar tidak mudah cedera.

1. Posisi punggung dan pinggul

Saat bermain games, sebaiknya kita perlu memastikan posisi punggung dan pinggul agar tidak cepat pegal dengan bijak memilih kursi yang pas.

Menurut dokter Erika, kursi yang tepat untuk posisi duduk lama adalah kursi yang punya bantalan di bagian belakang pinggul.

"Memilih kursi ergonomis yang punya bantalan di pinggul bisa mencegah risiko cedera pada area tubuh tersebut," ujar dokter Erica.

Saat ini di pasaran sudah banyak kursi-kursi dengan bentuk ergonomis yang bisa menunjang posisi duduk terbaik untuk bermain games.

Pilihannya pun bervariasi, tetapi paling ideal adalah kursi yang memiliki bantalan cembung di bagian bawah agar punggung dan pinggul tidak mudah pegal.

2. Posisi kepala

Posisi kepala yang ideal bertujuan agar bagian leher tidak mudah terasa kaku akibat duduk terlalu lama.

Demi menunjang kenyamanan dan mencegah cedera, lebih baik pilihlah kursi gaming yang punya head rest atau sandaran kepala.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com