Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Hidup Camilla, Dulu Jadi Orang Ketiga Kini Bergelar Ratu Inggris

Kompas.com - Diperbarui 06/05/2023, 08:56 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Camilla akan resmi mendapatkan gelar ratu bersamaan dengan penobatan Raja Charles pada 6 Mei mendatang.

Gelarnya sebagai permaisuri alias queen consort maupun Duchess of Cornwall secara otomatis hilang ketika disumpah mendampingi suaminya untuk memimpin Kerajaan Inggris.

Perubahan gelar perempuan yang luas dikenal sebagai Camilla Parker Bowles ini mungkin agak membingungkan bagi sebagian kalangan.

Pasalnya, Pangeran Philip, yang merupakan suami Ratu Elizabeth, tidak pernah disebut sebagai raja meskipun mendampingi pasangannya bertakhta selama hampir 70 tahun.

Keistimewaan gelar Camilla, dari permaisuri ke ratu

Gelar yang ratu disandang Camilla menuai pro kontra bukan hanya karena masa lalunya sebagai orang ketiga yang menghancurkan pernikahan Putri Diana.

Baca juga: Cerita Asmara Terlarang Pangeran Charles dan Camilla Parker...

Alasannya lainnya, gelar ratu sudah cukup lama tidak dipakai oleh kalangan bangsawan Inggris untuk pasangan raja yang berkuasa.

Camilla awalnya dianugerahi status sebagai queen consort alias permaisuri oleh Ratu Elizabeth pada Februari 2022.

Gelar bergengsi sebelumnya sempat rehat dari mata publik sejak era Raja George VI di tahun 1952 yang istrinya disebuat sebagai Queen Mother.

Baca juga: George VI, Ayah Ratu Elizabeth, Sempat Dianggap Tak Layak Naik Takhta

Raja George V pada 1917 mengeluarkan dekrit yang mengatur nama keluarga keturunan Ratu Victoria.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Raja George V pada 1917 mengeluarkan dekrit yang mengatur nama keluarga keturunan Ratu Victoria.

Namun di masa sebelum itu, semua istri Raja Inggris disebut sebagai permaisuri termasuk Permaisuri Mary, istri Raja George V, dan Permaisuri Alexandra, istri Raja Edward VII (keduanya merupakan nenek dan nenek buyut Ratu Elizabeth II).

Status permaisuri sebenarnya mirip dengan ibu negara, keduanya tidak memiliki deskripsi pekerjaan maupun tugas resmi serta gaji.

Hanya saja, seorang permaisuri akan mendapatkan sorotan publik terus-menerus, tekanan dan ekspektasi tinggi dari publik.

Baca juga: Mengenal Sosok Camilla: Permaisuri Inggris, Cinta Lama Raja Charles III

Secara umum, tugas permaisuri yakni mendukung raja dengan cara apa pun yang dia bisa.

Biasanya dilakukan dengan melahirkan ahli waris namun tugas ini tidak berlaku untuk Camilla karena Raja Charles sudah memiliki dua anak dari Putri Diana.

Meski demikian, Camilla telah melakoni berbagai tugas permaisuri lainnya selama 18 tahun terakhir ini.

Misalnya dengan menjadi pelindung kerajaan untuk berbagai aktivitas amal dan yayasan, mendampingi suaminya menjalani tur kerajaan, dan bertemu ribuan orang untuk acara ramah tamah dan agenda kerajaan lainnya.

Baca juga: Mengapa Pangeran Charles Tak Nikahi Camilla Sejak Awal?

Pangeran Charles dari Inggris bersama istri barunya, Camilla, Duchess of Cornwall, saat menghadiri Ibadah Doa dan Dedikasi di Kapel St. George di Kastil Windsor, Sabtu, 9 April 2005.AP via VOA INDONESIA Pangeran Charles dari Inggris bersama istri barunya, Camilla, Duchess of Cornwall, saat menghadiri Ibadah Doa dan Dedikasi di Kapel St. George di Kastil Windsor, Sabtu, 9 April 2005.

Halaman:
Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com