Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tren Pencahayaan yang Paling Digemari Generasi Muda

Kompas.com - 11/04/2023, 09:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsep hunian minimalis yang digemari masyarakat urban juga turut melahirkan tren pencahayaan demi memiliki hunian yang estetik.

Bila belakangan ini pencahayaan general lighting alias hanya mengandalkan terang saja, kini pemilihan lampu di rumah kerap menjadi perhatian para generasi muda.

Tujuannya apalagai kalau bukan mendapatkan tampilan rumah yang memberi nuansa nyaman sekaligus estetik.

Tren pencahayaan untuk hunian minimalis yang estetik

Hunian minimalis biasanya mengandalkan area ruang yang multifungsi.

Artinya, tidak banyak area terbuka, namun beberapa ruang kerap dimaksimalkan terkait fungsinya menggunakan teknik pencahayaan tertentu dan tata letak furnitur yang optimal.

Sebagai gambaran pilihan ruang tamu di rumah minimalis yang kerap dijadikan area serbaguna untuk melakukan banyak aktivitas.

Agar fungsi, nuansa dan tampilan yang mengesankan pada area hunian minimalis, tata letak pencahayaan yang ideal bisa menawarkan efek tersebut.

Lantas tren pencahayaan seperti apa yang kini semakin digemari para generasi muda akan hunian minimalis miliknya?

Berikut ulasan selengkapnya, sebagaimana dikatakan Fransiska Darmawan, general manager in-Lite LED di Jakarta, beberapa waktu lalu.

1. Pemilihan warna lampu bernuansa hangat

Jika beberapa tahun belakangan tidak banyak generasi muda yang peduli dengan warna lampu, saat ini pemilihan warna lampu justru jadi prioritasnya.

Apalagi untuk mendapatkan nuansa dan suasana estetik di suatu ruangan. Tren warna lampu warm semakin digemari.

"Sekarang trennya warna-warna warm seperti kekuningan. Warna lampu ini jelas memberikan estetika lebih daripada warna putih yang flat," kata Fransiska.

2. Permainan gradasi warna dengan layered lighting

Meski warna warm yang digemari, namun masyarakat juga kerap mengombinasikan dengan general lighting untuk menciptakan gradasi warna.

Biasanya general lighting hanya digunakan sebagai penerangan utama, selebihnya digunakan jenis lampu lain untuk menambah aksen yang mengarah ke area tertentu.

"Ruangan minimalis bukan berarti tidak bisa estetik. Teknik layered lighting ini bisa menambah kesan estetik karena memberikan efek penambahan dimensi pada suatu area, jadi ruangan tampak lebih luas," tambah Fransiska.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com