Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2023, 07:10 WIB
Sabrina Mutiara Fitri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com- Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Pada hari yang suci, biasanya masyarakat akan tampil berbeda dibanding hari-hari biasa.

Tidak hanya mengenakan baju baru, ternyata ada sejumlah hal yang perlu disiapkan agar bisa tampil menawan saat lebaran.

Seorang Content Creator Lifestyle asal Semarang, Fitriami Cintika Wirawatika Dima, membagikan sejumlah tips agar bisa berpenampilan cantik dan mempesona saat momen lebaran.

Amy, sapaan akrabnya, mengaku, make up ala Korean Looks menjadi salah satu pilihan favorit anak-anak muda zaman sekarang.

Selain terlihat glowing, pengaplikasian make up Korean Looks bisa memberi kesan terlihat lebih muda. Lantaran menggunakan warna-warna muda, cerah, dan natural.

Sebelum memulai make up, Amy menuturkan, harus menyiapkan skin preparation terlebih dahulu agar make up bisa menempel sempurna dan terlihat lebih flawless.

"Sebelum make up, diusahakan melakukan skin preparation dulu. Memakai produk skincare seperti serum, pelembab, dan sunscreen itu wajib sekali. Apalagi Indonesia dengan cuaca yang sangat ekstrim," ucap Amy kepada Kompas.com, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: 10 Langkah Rutinitas Skincare ala Korea yang Bikin Kulit Glowing

Setelah melakukan skin preparation, langkah berikutnya yaitu pengaplikasian make up.

Dalam hal ini, Amy membagi 9 step agar make up tampak flawless layaknya gadis Korea. Berikut penjelasannya.

1. Memilih alas bedak yang sesuai dengan keadaan kulit

Menurut Amy, ada sejumlah jenis alas bedak yang dapat dipilih untuk dasar make up. Seperti foundation, BB Cream, CC Cream, ataupun cushion.

"Kalau saya biasa pakai cushion. Karena kandungannya sudah termasuk skincare juga. Terus tidak terlalu tebal ataupun tipis, jadi pas," jelas Amy.

2. Membuat alis

Setelah memakai cushion, Amy menyarankan untuk membuat alis terlebih dahulu. Dirinya menyebut, step inilah yang kerap menyita waktu paling lama.

"Karena ngalis step make up paling lama, jadi bisa belajar mulai dari sekarang. Untuk pengaplikasiannya, dari tengah ke belakang untuk bikin ekor dulu. Baru brush poinnya, lalu bagian depan. Biar tidak berbentuk kotak banget," tutur dia.

3. Menggunakan cream blush atau blush on

Langkah selanjutnya, yaitu menambahkan cream blush atau blush on di bagian tulang pipi. Tentu, dengan pilihan warna natural seperti peach, coral yang mengarah ke warna orange dan bronze.

"Biasanya saya pilih shade peach yang kesannya sunkiss. Kalau mau contour juga boleh, biasanya di hidung agar terlihat lebih mancung," ucap lulusan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) itu.

Baca juga: Rekomendasi Gaya Alis sesuai Bentuk Wajah agar Makeup Makin On Point

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com