Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Premier, Mimpi Breitling Membuat Jam Tangan Elegan Sehabis Perang

Kompas.com - 18/04/2023, 12:41 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Breitling dulu pernah dikenal sebagai merek jam tangan untuk para pilot dan mereka yang bekerja di dunia penerbangan.

Hal ini bukan tanpa alasan karena sekitar tahun 1943, Willy Breitling, cucu dari Leon Breitling, pendiri merek ini, memang fokus membuat jam untuk instrumentasi pesawat terbang serta jam tangan yang memenuhi kebutuhan fungsional pilot di masa perang.

Tapi Willy rupanya juga memimpikan masa-masa setelah perang, ketika orang tidak hanya mementingkan fungsi namun juga ingin tampil lebih elegan lewat jam tangannya.

Dengan pertimbangan itu, dia merancang serangkaian kronograf memakai bahan premium, finishing yang halus, dan kaliber terbaik. Dia menamai produk barunya itu Premier.

Baca juga: Mengenang Perjuangan Willy Breitling dalam Jam Tangan Premier Baru

Breitling Premier B01 Chronograph 42franz j. venzin Breitling Premier B01 Chronograph 42
Walau tidak sepopuler model ikonik lain seperti Breitling Navitimer dan Chronomat, namun Premier adalah salah satu model paling tradisional dari katalog modern Breitling.

Karenanya Premier dianggap koleksi Breitling yang ideal bagi mereka yang ingin tampil klasik, tidak terlalu mencolok, namun tetap bergaya dengan rasa mewah yang hanya terlihat bila kita memperhatikan hingga detail.

Breitling Premier B01 Chronograph 42franz j. venzin Breitling Premier B01 Chronograph 42
Premier diperkenalkan kembali oleh Breitling pada tahun 2021, lewat koleksi kronograf Premier Heritage yang menghidupkan kembali mimpi Willy untuk membuat kronograf fungsional yang elegan atau dalam kata-katanya "memiliki citarasa yang sempurna."

Menyusul koleksi tersebut, pada tahun 2023, pembuat jam asal Swiss itu menambahkan enam referensi baru dalam Premier, semuanya ditenagai oleh mesin otomatis buatan Breitling dengan cadangan daya sekitar 70 jam, yakni Kaliber 01.

Koleksi ini diperlihatkan di Indonesia pada Rabu (12/4/2023) dalam acara dengan Alvin Soon, Presiden Breitling Asia.

Baca juga: Breitling Hidupkan Kembali Warisan Para Pendirinya

Breitling Premier B01 Chronograph 42 Breitling Premier B01 Chronograph 42
“Kami ingin melanjutkan visi berani Willy Breitling dalam menggabungkan ketepatan jam tangan profesional dengan kecanggihan jam tangan modern,” kata CEO Breitling George Kern dalam rekaman video.

“Premier menggambarkan energi harapan yang muncul pascaperang, dan kami bangga melanjutkan tradisi itu dengan versi modern-retro untuk masa kini.”

Akurat, inovatif, dan gaya

Breitling Premier B01 Chronograph 42 Breitling Premier B01 Chronograph 42
Adapun keistimewaan jam tangan Breitling adalah pada kronograf, dan tiga generasi pendiri merek ini memiliki peran dalam membentuknya.

Sejak memulai bisnisnya pada tahun 1884, Leon Breitling mengasah keahliannya dalam menyempurnakan pencatatan waktu arloji saku. Putranya, Gaston, memperkenalkan jam pertama yang dikenakan di pergelangan tangan, yang sekarang kita kenal sebagai jam tangan.

Gaston juga memperkenalkan pusher atau tombol pada pukul 2. Lalu cucu Leon, Willy menambah petombol kedua pada angka 4. Bentuk kronograf ini masih dipakai pada banyak arloji sampai saat ini.

Willy kemudian melangkah lebih jauh dengan memberikan gaya pada arloji tanpa meninggalkan fungsi kronograf, lewat seri Premier.

Baca juga: Kisah Arloji Breitling Navitimer Cosmonaute yang Terbang ke Luar Angkasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com