Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alternatif Ucapan Lebaran via Chat dari Para Public Figure

Kompas.com - 19/04/2023, 09:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri atau Lebaran sudah di depan mata.

Artinya, hanya dalam hitungan hari saja, umat Muslim di Indonesia akan merayakan datangnya hari yang dianggap sebagai momen kemenangan itu.

Lebaran identik dengan momen kumpul-kumpul bersama keluarga dan kerabat. Sayangnya, tentu tidak semua orang bisa ditemui saat Lebaran.

Namun tak perlu khawatir, meski tidak bisa ditemui, kita masih bisa bersilaturahmi dengan memanfaatkan aplikasi chatting untuk mengirimkan ucapan Lebaran.

Baca juga: Kirim Ucapan Lebaran Lewat Media Sosial Kurangi Makna Bermaafan?

Ada berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan agar ucapan Lebaran terasa lebih personal, seperti dengan mengirim foto, video, teks, hingga pesan suara.

Nah jika membutuhkan inspirasi dalam membuat ucapan Lebaran, berikut enam pilihan ucapan lebaran di chat dari Analisa Widyaningrum, Ayudia C, bapak2ID, Ivan Lanin, Kunto Aji, dan Marchella FP:

Kirim pesan bermakna dengan sisipan doa

Menurut Psikolog dan content creator dari Analisa Channel Analisa Widyaningrum, S.Psi, M.Psi, hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan ucapan Lebaran adalah tulus dan menyentuh hati.

"Coba untuk mengambil jeda sembari membayangkan sosoknya, cobalah untuk menggambarkan apa yang dirasakan tentang mereka."

"Lalu tuliskan betapa berharganya mereka, serta sampaikan maaf yang tulus dan kiriman doa harapan terbaik darimu," ujar dia.

Lalu, berikut rekomendasi ucapan Lebaran dari Analisa:

"Seperti sungai yang terus mengalir, bulan suci Ramadhan akan segera berakhir. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair. Selamat Hari Raya Aidil Fitri 1 Syawal 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah Ramadhan, selalu mengalir untuk kita semua."

Sampaikan maaf untuk keluarga, tunjukkan apa yang dirasa

Berbeda dengan Analisa, Ayudia C, seniman, entrepreneur, serta penulis buku “Teman tapi Menikah" mengatakan, penekanan makna dan maksud dari pesan yang diucapkan adalah yang terpenting.

Baca juga: 50 Ucapan Idul Fitri Berbahasa Inggris untuk Diunggah di Media Sosial

"Jadi, ketika kita menyampaikan berbagai jenis pesan mulai dari pesan kasih sayang hingga ingin menyampaikan berbagai macam ekspresi lainnya, sehingga orang tersebut tahu apa yang kita rasakan dan apa yang ada di kepala kita," ujar dia.

Berikut contoh ucapan Lebaran dari Ayudia.

"Di bulan Ramadhan ini, aku yakin harapan kita semua adalah menjadi pribadi yang lebih baik."

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com