Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi, Jangan Lupa Istirahat Cukup dan Penuhi Kebutuhan Mineral Esensial

Kompas.com - 20/04/2023, 15:17 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Arus mudik Lebaran 2023 sudah dimulai sejak Selasa (18/4/2023). Hal ini mengingat sebagian besar masyarakat mendapatkan cuti bersama Idul Fitri mulai Rabu (19/4/2023).

Pemerintah memprediksi jumlah pemudik tahun ini mencapai 123,8 juta orang. Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini akan menimbulkan kepadatan arus lalu lintas, baik di jalan tol maupun non-tol.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Jumat (21/4/2023). Sementara, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Kamis (20/4/2023) dan Jumat.

Bagi Anda yang hendak mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi, persiapan secara cermat perlu dilakukan, mulai dari menentukan jadwal keberangkatan, menyiapkan bekal perjalanan dan uang tunai secukupnya, hingga mengecek kendaraan, bahan bakar, dan perlengkapan.

Baca juga: Persiapkan 5 Hal Ini agar Mudik Terasa Aman dan Nyaman

Anda juga perlu mencermati kondisi kesehatan. Terlebih, Anda akan menempuh perjalanan jarak yang jauh sembari menjalankan ibadah puasa. Hal ini dapat membuat tubuh merasa lelah dan menimbulkan kantuk.

Berdasarkan rekomendasi Kemenhub, durasi maksimal mengemudi sehari adalah 8 jam. Sementara, durasi maksimal mengemudi tanpa istirahat adalah 4 jam dan durasi istirahat setelah mengemudi 4 jam adalah 30 menit. Selama masa istirahat, Anda disarankan untuk tidur.

Dengan menerapkan rekomendasi itu, konsentrasi Anda dalam mengendarai kendaraan akan tetap terjaga.

Cukupi kebutuhan mineral esensial

Saat berkendara jarak jauh, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan dan mineral tubuh dari pori-pori kulit. Oleh karena itu, selain beristirahat, Anda perlu mencukupi kebutuhan mineral esensial selama berkendara mudik Lebaran.

“Kebutuhan mineral adalah hal yang perlu diperhatikan karena mineral tergolong sebagai zat gizi mikro yang berperan penting dalam membantu kinerja tubuh manusia. Apalagi, bila masih menjalankan ibadah puasa. Energi sangat dibutuhkan serta asupan makanan dan minuman sangat terbatas. Ketika mudik, jelas tubuh akan kehilangan banyak mineral dan energi," jelas Kepada Bidang (Kabid) Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dr Milka Inkiriwang, MARS, Phd dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2023).

Ia menjelaskan bahwa dampak dari kekurangan mineral saat di perjalanan mudik adalah tubuh gampang lemas, mudah lelah, tidak fokus, dan daya tahan tubuh menurun.

Oleh karena itu, dibutuhkan asupan mineral esensial yang berfungsi membantu kerja enzim pada proses metabolisme dan menjaga tubuh tetap bugar selama mengemudi.

Adapun asupan mineral esensial terdiri dari kalsium, kalium, fosfor, natrium, zink, dan zat besi. Dalam mencukupi asupan mineral esensial, Anda bisa mengonsumsi Le Minerale yang mengandung kalsium, kalium, natrium, magnesium, serta bikarbonat.

Baca juga: Catat, Ini 5 Manfaat Penting Mineral Esensial bagi Tubuh Saat Berpuasa

Le Minerale merupakan air mineral yang mengandung mineral essensial. Semua kandungan mineralnya bisa dilihat di komposisi gizi yg ada di balik kemasannya.

Kandungan mineralnya juga terjaga utuh lantaran dikemas dengan segel berlapis. Selain itu, mineral esensial pada Le Minerale juga memberikan rasa segar yang berbeda dan membuat tubuh bugar.

Oleh karena itu, pastikan tubuh mendapatkan istirahat serta asupan mineral esensial yang cukup dari Le Minerale saat melakukan perjalanan jauh dan berpuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com