Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Nyetir Sendiri, Pria Berusia 109 Tahun Bagikan Tips Panjang Umur

Kompas.com - 20/04/2023, 19:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Today

KOMPAS.com - Pada usia 109 tahun, Vincent Dransfield masih mengendarai mobilnya sendiri setiap hari untuk berkeliling kota, membeli makan siang, menjalankan tugas, dan berbelanja bahan makanan.

Dia tinggal secara mandiri di rumahnya sendiri di Little Falls, New Jersey, di mana dia telah tinggal sejak tahun 1945.

Menariknya, pria berusia seratus tahun ini bahkan tidak memerlukan bantuan untuk berpindah dari lantai utama rumah ke kamar tidurnya di lantai atas dan ruang bawah tanah tempat dia mencuci pakaian.

Cucu perempuan Dransfield, Erica Lista pun mengatakan bahwa sang kakek selalu merasa bugar.

"Dia tidak mengalami sakit punggung, tidak mengalami rasa sakit dan nyeri setiap hari seperti yang saya alami di usia 48 tahun. Dia tidak mengalami sakit kepala, atau apapun seperti itu," terangnya.

"Saya adalah seorang ahli terapi okupasi, jadi saya tahu banyak tentang aktivitas kehidupan sehari-hari dan dia tidak memerlukan bantuan untuk semua itu," sambung dia.

Baca juga: Bebas Stres dan Umur Panjang, 3 Alasan Punya Hobi Itu Penting

Orang yang hidup 100 tahun atau lebih bukanlah hal yang langka lagi, tetapi jarang sekali ada pria yang hidup selama itu.

Meski belum jelas alasannya, namun menurut New England Centenarian Study yang berbasis di Boston University, kebanyakan orang yang hidup di usia 100 tahun atau para centenarian 85 persen adalah wanita dan 15 persen pria.

Lahir pada 28 Maret 1914, Dransfield tidak hanya menikmati umur panjang yang luar biasa, tetapi juga umur panjang yang sehat dengan pikiran dan tubuh yang bugar.

Dia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menderita penyakit berat seperti kanker atau penyakit jantung.

"Jadi, Dransfield selalu sehat," tambah Lista.

Dransfield diketahui memiliki satu anak, tiga cucu, dan tujuh cicit. Istrinya telah meninggal pada tahun 1992 di usia 54 tahun.

Baru-baru ini, banyak anggota keluarganya berkumpul di rumahnya untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-109 dengan pizza dan kue wortel yang menjadi makanan favoritnya.

Baca juga: 8 Gaya Diet Sehat untuk Umur Panjang

Vincent Dransfield, pria yang panjang umur hingga berusia 109 tahun.Today Vincent Dransfield, pria yang panjang umur hingga berusia 109 tahun.

Tips panjang umur ala Dransfield

Seperti dilansir dari laman Today, Dransfield membagikan sejumlah tips hidup yang lebih lama dan juga sehat sebagai berikut.

1. Luangkan waktu untuk melakukan apa yang kita sukai

Dransfield menghabiskan lebih dari 80 tahun mengabdi sebagai anggota pemadam kebakaran sukarela setempat dan sempat menjadi kepala pemadam kebakaran selama beberapa waktu.

Halaman:
Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com