Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Pakaian Kebesaran Raja Charles III di Hari Penobatan

Kompas.com - 06/05/2023, 19:47 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Pakaian kebesaran kerajaan Inggris yang dikenakan Raja Charles III di hari penobatannya sudah terungkap.

Selama kebaktian, Raja akan mengenakan jubah emas besar yang dirancang berlapis-lapis, yang dulu diciptakan untuk Raja George V.

Sementara untuk upacara penobatan, Raja Charles III mengenakan mantel lengan panjang berwarna emas yang berkilauan yang disebut Supertunica.

Baca juga: Harga Sepatu Raja Charles III untuk Penobatan Hanya Rp 65 Juta 

Detail pakaian kebesaran Raja Charles di hari penobatan

Melansir laman BBC, pakaian kebesaran Raja Charles III memiliki rata-rata bobot yang berat dan material mewah karena terbuat dari sutra, kain emas hingga aksen khusus yang melambangkan kerajaan.

Khususnya pada jubah yang dipakai Raja Chares III di hari penobatan, awalnya jubah itu dirancang untuk George V di tahun 1911.

Seiring waktu, jubah telah dikenakan pada upacara penobatan berturut-turut termasuk oleh mendiang Ratu Elizabeth II.

Jubah ini memiliki berat sekitar dua kilogram, karena terbuat dari kain emas dan benang sutra yang dilapisi emas dan perak dengan aksen bordir bergaya Arab dan motif bunga.

Kemudian dipakai berbarengan dengan mahkota kerajaan yang juga beratnya sekitar 2,23 kilogram.

Lantaran memiliki peran yang penting, selama ini jubah disimpan di menara London dan merupakan bagian dari regalia penobatan.

Baca juga: 7 Detail Penobatan Raja Charles, Ada Artis yang Katanya Menolak Hadir 

Mantel kerajaan

Mantel yang dipakai Raja Charles III di hari penobatanBBC / PA Media Mantel yang dipakai Raja Charles III di hari penobatan

Sementara itu, Supertunica yang menjadi busana kedua memiliki panjang yang menjuntai yang dibuat untuk George IV pada tahun 1821 dan punya berat 3-4 kilogram.

Mantel yang dipakai dengan cara dikaitkan memakai penjepit emas ini terinspirasi dari ansambel penobatan kuno yang secara keseluruhan gayanya seperti pendeta.

Konon bentuknya ini melambangkan sifat ketuhanan Kerajaan Inggris.

Selain terbuat dari kain emas, mantel ini juga memiliki motif khas yang disebut fleur-de-lis, serta elang kekaisaran, serta lambang bunga nasional berupa mawar merah muda, blue thisles dan shamrock hijau.

Melengkapi penampilannya, selama upacaya penobatan berlangsung Raja Charles III memutuskan untuk memakai sabuk dan sarung tangan yang dipakai oleh kakeknya, George VI yang merupakan raja-raja terakhir.

Khususnya untuk sabuk atau yang juga dikenal sebagai korset penobatan, aksesori ini terbuat dari bordir emas dan memiliki gesper emas yang dicap dengan lambang kenegaraan.

Sementara sarung tangannya terbuat dari kulit berwarna putih yang dilengkapi manset besar bordir dengan lambang kenegaraan seperti mawar, thistle, shamrock, daun hingga biji pohon ek.

Di punggung tangannya juga memiliki sulaman coronet dan lambang keluarga Dukes of Newcastle.

Baca juga: Pangeran Harry Datang Sendiri, Meghan Markle Tak Hadiri Penobatan Raja Charles

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com