Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai, 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Turunkan Gairah Seks

Kompas.com - 11/05/2023, 21:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurunnya gairah seks atau libido di antara pasangan yang sudah menikah sepertinya bukanlah hal yang baru.

Umumnya, hal ini sering kali disebabkan karena ada perubahan secara emosional atau stres, yang bisa membaik seiring berjalannya waktu.

Kendati demikian, dalam beberapa kasus, menurunnya gairah seks yang berlangsung lama juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan secara keseluruhan yang kurang baik.

Nah, untuk mengembalikan gairah seks di ranjang, seorang seksolog di Bedbible, Rhiannon John, pun membagikan sejumlah masalah kesehatan yang mungkin kita alami sehingga dapat menyebabkan penurunan gairah seks.

Baca juga: Benarkah Parfum Feromon Bisa Tingkatkan Libido? Ini Faktanya

1. Depresi dan kecemasan

Menurut John, depresi dan kecemasan adalah penyebab umum dari libido yang rendah.

Yang lebih memperumit lagi, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan mental ini juga dapat memengaruhi kemampuan kita untuk merasakan hasrat seksual.

"Banyak orang yang didiagnosis dengan depresi dan kecemasan sering diobati dengan antidepresan, yang juga dapat mempengaruhi libido mereka," katanya kepada Best Life.

"Sebagian besar antidepresan termasuk dalam kelompok obat yang disebut selective serotonin re-uptake inhibitor (SSRI)."

"Meskipun obat-obat ini bekerja dengan baik dalam mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati lainnya, namun sering kali obat-obat ini juga memiliki efek samping seksual," jelas dia.

Selain menurunkan libido, efek samping SSRI termasuk berkurangnya lubrikasi untuk pemilik vulva, ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi untuk pemilik penis, orgasme yang tertunda, ketidakmampuan untuk orgasme, dan berkurangnya libido.

Meskipun John mengatakan bahwa manfaat SSRI sering kali lebih besar daripada efek sampingnya yang merugikan, dokter atau ahli kesehatan bisa membantu kita menghindari perubahan yang tidak diinginkan ini dengan mengalihkan kita ke antidepresan lain atau menurunkan dosisnya.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Kenali 11 Penyebab Libido Rendah pada Pria

2. Diabetes

Menurut American Diabetes Association, diabetes adalah penyebab umum dari libido yang rendah.

"Libido atau hasrat seksual yang rendah adalah masalah yang nyata."

"Dan masalah ini lebih banyak dialami oleh penderita diabetes dibandingkan mereka yang tidak mengidap diabetes," tulis para ahli organisasi tersebut.

Pria dan wanita mengalami libido rendah akibat diabetes yang tidak dikelola dengan baik.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com