Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaket "Dream Team" Michael Jordan Dilelang, Ditaksir Laku Rp 44 Miliar

Kompas.com - 13/05/2023, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Jaket dengan logo Reebok yang pernah dipakai oleh Michael Jordan saat Olimpiade Barcelona 1992 dilelang oleh Sotheby's.

Menurut NBC Sports, jaket tersebut berasal dari Brian McIntyre, seorang karyawan departemen komunikasi NBA yang kemudian bekerja sebagai penasihat mantan komisaris David Stern.

McIntyre sendiri diketahui hadir dalam upacara penyerahan medali Olimpiade tahun 1992.

Sang legenda kemudian menghadiahkan jaket itu kepada McIntyre saat ia keluar dari tribun, tak lama setelah memenangkan medali emas.

Jordan, yang menandatangani kontrak dengan Nike pada tahun 1984, tampaknya tidak begitu senang dengan ide untuk mempromosikan kompetisi tersebut.

Tetapi, ia diharuskan mengenakan jaket "Dream Team" itu untuk upacara.

Jadi, pemberian tersebut sebenarnya merupakan bukti kesetiaannya kepada Nike.

"Dia berkata, 'Saya tentu saja tidak menginginkannya,'" kenang McIntyre.

Tak hanya memberikannya kepada McIntyre, Jordan juga menandatangani karya berharga tersebut dengan menulis, "Untuk Brian, terima kasih untuk segalanya, Michael Jordan."

Jaket yang bersejarah

McIntyre telah menyimpan jaket tersebut selama hampir 30 tahun dan dia memahami maknanya.

Selain karena dikenakan oleh Jordan, jaket tersebut juga mewakili sebuah era penting dalam sejarah bola basket.

Sebab, jaket itu juga menandakan pertama kalinya atlet profesional yang masih aktif bergabung dengan tim AS di Olimpiade.

Selain Jordan, "Dream Team" juga mencakup Magic Johnson, Larry Bird, Charles Barkley, Karl Malone, John Stockton, Patrick Ewing, David Robinson, Clyde Drexler, Scottie Pippen, Chris Mullin, dan Christian Laettner.

"Kami menyaksikan 'Dream Team' di Olimpiade 1992 yang membuat pertumbuhan bola basket sangat pesat," kata McIntyre.

"Maksud saya, itu benar-benar membantu mengembangkan permainan di seluruh dunia, tidak hanya untuk NBA tetapi juga bola basket secara umum," ujar dia.

Jaket dengan logo Reebok yang pernah dipakai oleh Michael Jordan bersama Dream Team saat Olimpiade Barcelona 1992 dilelang oleh Sotheby's.Sotheby's Jaket dengan logo Reebok yang pernah dipakai oleh Michael Jordan bersama Dream Team saat Olimpiade Barcelona 1992 dilelang oleh Sotheby's.
Karena warisan Jordan dan perkembangan liga sejak Olimpiade tersebut, tidak mengherankan jika jaket ini diperkirakan akan terjual dalam jumlah yang signifikan.

Ada pun estimasi harga lelangnya antara 1 juta dollar (Rp 14 miliar) hingga 3 juta dollar atau (Rp 44 miliar), dengan lelang berlangsung hingga 28 Juni 2023.

"Untuk dapat menjual peninggalan dari peristiwa bersejarah dunia ini merupakan hal yang langka dan tak tertandingi," ungkap kepala streetwear dan barang koleksi modern Sotheby's, Brahm Wachter.

"Dan di luar tempatnya yang legendaris dalam sejarah Olimpiade, jaket ini melambangkan kesetiaan Michael Jordan yang sengit dan penuh pengabdian kepada Nike, sebuah kemitraan transformatif dan revolusioner antara dua perusahaan besar yang telah bertahan dalam ujian waktu," terangnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yahoo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com