Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vegan Festival Indonesia 2023, Ajang Hidup Sehat dan Berkelanjutan

Kompas.com - 13/05/2023, 19:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, kini semakin familiar dengan gaya hidup vegan.

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan rasa keingintahuan masyarakat akan gaya hidup vegan, serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar.

Melihat antusiasme tersebut, Green Sedayu Mall dan Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem kembali menghadirkan The 8th WVO Conference & Vegan Festival bersamaan dengan World Vegan Film (Asia).

Acara ini pun terselenggara berkat kerja sama dengan sejumlah pihak, yakni Indonesia Vegetarian Society (IVS), Vegan Society Indonesia (VSI), dan World Vegan Organisation (WVO).

Baca juga: 11 Tahun Jadi Vegan, Rahasia Lincah Kak Seto di Usia 71 Tahun

Ketiga acara internasional ini kemudian dirangkum dalam Vegan Festival Indonesia 2023 yang berlangsung dari tanggal 12-14 Mei 2023. Lalu, festival ini akan berlanjut di Bali pada 15-17 Mei 2023.

Hidup sehat dan berkelanjutan

Mengusung tema "Go Vegan for A More Sustainable World", acara ini mempertemukan komunitas vegan, aktivis, akademisi, dan profesional dari mancanegara.

Mereka pun saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik untuk menciptakan dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan.

"Dengan suksesnya penyelengaraan acara Vegan Festival Indonesia pada tahun 2022, kami kembali menghadirkan acara tahun ini untuk berbagai komunitas dan masyarakat luas."

Demikian penuturan Sawitri Setiawan, Direktur Leasing & Commercial Amantara, Agung Sedayu Group, melalui rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/5/2023).

"Fokus pada gaya hidup berkelanjutan juga sejalan dengan prinsip sustainability yang dipegang oleh Amantara untuk kehidupan yang lebih baik," jelas dia.

The 8th WVO Conference menampilkan serangkaian figur ternama dalam deretan keynote speech-nya, diskusi panel, workshop, dan presentasi tentang berbagai topik terkait veganisme seperti nustrisi, kesehatan, dan lingkungan.

Sementara itu, di dalam rangkaian acara Vegan Festival diramaikan dengan showcase beragam produk, layanan, acara khusus anak-anak, charity program, kompetisi, donor darah, pertunjukan musik, hingga hiburan live music.

Selain itu, World Vegan Film (Asia) menampilkan pilihan film bertemakan gaya hidup veganisme dan berbagai industri yang terlibat di baliknya.

Rangkaian kegiatan juga akan mencakup sesi tanya jawab dengan tamu khusus, Keegan Khun, yang merupakan seorang sutradara sekaligus produser film AS yang dikenal lewat karyanya Cowspiracy: The Sustainability Secret serta What the Health.

Baca juga: Diet Vegan pada Bayi Picu Kontroversi, Sehatkah?

Dalam sesi ini, ia akan berbagi wawasan dan pengalamannya tentang pentingnya veganisme dan hidup berkelanjutan.

Khusus untuk rangkaian acara World Vegan Film (Asia) ini akan bertempat di The Garden Ballroom yang berada di lantai 2 Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem yang terkoneksi langsung dengan Green Sedayu Mall.

Tidak hanya itu, di Vegan Festival Indonesia 2023, pengunjung juga dapat menyambangi sederetan tenan lifestyle di Green Sedayu Mall seperti gerai Uniqlo compact pertama di Indonesia yang baru dibuka pada 5 Mei 2023.

Dengan rangkaian acara menarik dan diskusi interaktif, Vegan Festival Indonesia 2023 diharapkan bisa menjadi ajang untuk mengedukasi publik mengenai gaya hidup veganisme.

Di samping itu, bisa juga menunjukkan bagaimana gaya hidup berkelanjutan dapat memberikan dampak positif pada lingkungan, kesehatan, sosial, dan bagi bumi secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com