Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Menyimpan Makanan yang Sering Tak Disadari

Kompas.com - 15/05/2023, 05:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat kita menyimpan makanan dengan cara yang tepat, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh.

Misalnya saja, dapat menghemat uang, mengurangi limbah, bisa menikmati sisa makanan di kemudian hari, hingga mencegah keracunan makanan dan penyakit lainnya.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang masih melakukan kesalahan dalam menyimpan makanan. Bahkan, mungkin kita termasuk di dalamnya.

Berikut ini adalah enam kesalahan menyimpan makanan yang umum dilakukan, lengkap dengan cara mengatasinya.

Baca juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Lemari Es

  • Mendinginkan buah dan sayuran segar

Meskipun membilas buah dan sayuran sebelum menyimpannya di lemari es cukup menggoda, tapi langkah ini bisa memperpendek umur simpan.

Sebab menurut konsultan makanan dan penulis dari 150 Food Science Questions Answered Bryan Quoc Le, Ph.D., kelembapan akan mendorong pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, bahkan dalam suhu dingin lemari es.

Untuk mengatasinya, simpan buah dan sayuran dalam kemasan aslinya atau pindahkan ke wadah lain, bergantung pada jenis produknya.

Lalu, sebaiknya cuci produk tepat sebelum akan dimakan atau disiapkan.

Jika sering mendinginkan makanan yang tidak dibungkus atau terbuka, beberapa mikroorganisme seperti jamur dan ragi yang dapat tumbuh subur di suhu dingin lemari es bisa tersebar melalui udara dan mendarat di makanan tersebut.

Baca juga: Berapa Lama Masakan Bisa Disimpan di Luar Lemari Es?

Selain itu, paparan udara ini juga dapat mempercepat penguraian senyawa rasa dalam makanan dan bisa membuat makanan menyerap bau lain di lemari es. Hal ini tentu akan membuat rasa makanan tidak enak.

Perlu diingat, meski makanan beku dibiarkan terbuka saat berada dalam freezer, perlahan-lahan makanan ini akan bereaksi dengan oksigen di udara yang membuat rasanya tidak enak.

Selain itu, makanan beku juga dapat melepaskan kelembapan, menyebabkan permukaan makanan menjadi kering, sehingga memicu freezer burn (seperti terbakar).

Jadi, jangan lupa untuk menutup makanan dengan bungkus plastik, menggunakan wadah ramah untuk freezer, sebelum menyimpan makanan di lemari es.

  • Meletakkan telur di pintu lemari es

Meski beberapa lemari es memiliki wadah telur di pintunya, sebaiknya jangan digunakan.

Menurut direktur Clemson Extension Food Systems and Safety Program Team, Kimberly Baker, Ph.D., RD, LD, meski telur memang perlu disimpan pada suhu empat derajat Celcius atau kurang agar tetap segar, suhu telur akan meningkat jika pintu lemari es sering dibuka.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com